14+ Aplikasi Pembayaran Online Terbaik di Indonesia yang Populer

Aplikasi pembayaran online terbaik – Kemajuan teknologi yang semakin pesat turut memberi kemudahan bagi manusia. Era digital seperti sekarang memungkinkan kita melakukan pembayaran tagihan secara online. Artinya kita bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, telepon, internet atau isi pulsa secara digital dan online.

Jika dulu untuk membayar tagihan, kita harus datang ke pihak terkait, misalnya PLN atau PDAM, kini kita bisa melakukan pembayaran secara online dari rumah atau dari mana saja dengan waktu yang cepat. Kemudahan ini tentu didukung dengan adanya aplikasi pembayaran online yang ada di Indonesia.

Kemudahan lain dari aplikasi tersebut adalah kita bisa membeli makanan dari rumah atau tidak perlu ribet-ribet membawa uang, karena sudah tersimpan dalam aplikasi. Transaksi cashless atau non-tunai ini memang sedang gencar-gencarnya, dimana orang-orang lebih memilih melakukan transaksi lewat aplikasi uang digital tersebut.

(baca juga start up unicorn di Indonesia)

Aplikasi Pembayaran Online Terbaik

Berikut akan dibagikan rekomendasi 5 aplikasi pembayaran online terbaik yang paling banyak digunakan di Indonesia, serta 9 aplikasi lain yang juga patut diperhitungkan beserta kelebihan dan kekurangannya.

OVO

aplikasi pembayaran online ovo

OVO merupakan salah satu aplikasi pembayaran online yang paling banyak digunakan saat ini. Salah satu keunggulan OVO adalah sering ada promo cashback dengan penggunaan aplikasi ini untuk melakukan transaksi pembayaran.

Aplikasi ini telah bekerja sama dengan Grab sehingga Anda dapat melakukan pembayaran non tunai ketika menggunakan transportasi online ini. Selain itu sudah banyak gerai-gerai makanan yang bekerjasama dengan OVO, sehingga kita tidak perlu membayar dengan uang cash.

OVO dapat dilakukan untuk membayar berbagai tagihan seperti listrik, telepon, internet, isi pulsa, dan sebagainya. Adapun top up saldo OVO dapat dilakukan melalui ATM, m-Banking, Internet Banking, Debit Card, dan sebagainya.

Go-Pay

aplikasi pembayaran online gopay

Go-Pay merupakan layanan teknologi finansial atau fintech yang dimiliki oleh perusahaan Gojek. Go-Pay bisa digunakan untuk melakukan pembayaran digital listrik, telepon, isi pulsa, PDAM, dan sebagainya. Proses top up pun bisa dilakukan dengan mudah di supermarket, gerai ATM, m-Banking atau lewat driver gojek.

Ada banyak fitur-fitur Go-Pay mulai dari Go-Pulsa untuk membeli pulsa, Go-Bills untuk membayar tagihan, Transfer Go-Pay untuk melakukan transaksi kepada pengguna Go-Pay lainnya, serta Tarik Tunai Go-Pay untuk menarik uang secara tunai lewat rekening bank.

Go-Pay pun kian banyak digunakan oleh pengguna aplikasi e-Money di Indonesia. Kehadiran Go-Pay tentu memudahkan penggunanya, apalagi aplikasi ini pun sudah terintegrasi dengan Gojek yang dibutuhkan sebagai salah satu aplikasi ojek online di Indonesia yang paling populer.

Link Aja

Link Aja juga termasuk aplikasi pembayaran digital yang mulai diperhitungkan. Aplikasi ini merupakan milik Telkomsel yang dimiliki oleh pemerintah. LinkAja ini sudah mendapatkan izin Bank Indonesia untuk beroperasi dan aman untuk digunakan penggunanya.

Dulunya aplikasi ini menggunakan nama T-Cash, namun kini lebih dikenal dengan nama Link Aja. Dengan Link Aja, kita pun bisa melakukan berbagai transaksi finansial termasuk digital payment atau pembayaran secara digital.

Kita bisa membayar tagihan listrik, air, telepon, internet, dan sebagainya dengan mudah. Bagi pengguna kartu telkomsel, Link Aja pun sangat direkomendasikan karena ada banyak keunggulan yang tidak ada di aplikasi digital payment yang lainnya.

DANA

DANA merupakan salah satu aplikasi pembayaran online yang mulai berkembang. Meski tergolong masih baru, namun DANA sudah banyak digunakan karena gencarnya promosi yang dilakukan secara masif dan besar-besaran.

Kita bisa melakukan pembayaran tagihan listrik, telepon, internet, PDAM, dan sebagainya dengan mudah. Kelebihan lain yang menonjol dari DANA adalah kemudahan dalam membayar via bank, dimana kita bisa mentransfer uang ke banyak bank atau membayar pembelian barang online dengan sangat mudah menggunakan aplikasi ini.

Mandiri E-Cash

Mandiri E-Cash adalah aplikasi uang digital yang dikembangkan oleh Bank Mandiri. Bagi nasabah bank Mandiri, sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi ini untuk keperluan pembayaran tagihan secara digital.

Mandiri E-Cash dapat digunakan untuk transfer ke sesama rekening Mandiri maupun rekening bank lain. Meski begitu, Mandiri E-Cash juga bisa digunakan oleh orang umum yang bukan nasabah bank Mandiri. Top up Mandiri E-Cash bisa dilakukan lewat gerai ATM Mandiri terdekat.

Aplikasi pembayaran online lainnya :

  • Sakuku
  • Paytren
  • Bebas Bayar
  • T-Cash
  • Kudo
  • Pay Fazz
  • Sentraku
  • iSaku
  • True Money

Nah itulah rekomendasi 5 aplikasi pembayaran online terbaik dan paling banyak digunakan di Indonesia saat ini. Aplikasi uang digital seperti Go-Pay dan OVO memang sedang naik daun dan sudah menggantikan peran uang tunai sehingga kita tidak perlu ribet membawa uang kemana-mana.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.