10+ Bentuk-Bentuk Pemerintahan di Dunia Beserta Penjelasannya

Bentuk-bentuk pemerintahan – Secara umum pengertian pemerintahan adalah semua kegiatan yang bersumber pada kedaulatan dan kemerdekaan, berlandaskan pada dasar negara, rakyat atau penduduk dan wilayah negara itu demi tercapainya tujuan negara. Pemerintahan merupakan aktivitas yang dilakukan pemerintah atau pihak yang berkuasa untuk menjalankan fungsinya.

Umumnya pemerintahan terbagi dalam 3 kekuasaan utama, yakni kekuasaan eksekutif, legislatif, dan yudikatif. Namun dalam sejarahnya, ternyata ada banyak bentuk-bentuk pemerintahan yang pernah digunakan dan dianut oleh negara-negara di seluruh dunia, mulai dari sistem monarki, sistem anarkisme hingga sistem demokrasi.

Istilah bentuk pemerintahan berbeda dengan sistem pemerintahan, yang mengacu pada sistem presidensial atau parlementer. Bentuk pemerintahan lebih bervariasi karena berfokus pada siapa orang atau kelompok yang menjadi kepala negara atau yang memiliki kekuasaan tertinggi pada suatu negara.

bentuk-bentuk pemerintahan

Bentuk-Bentuk Pemerintahan di Dunia

Berikut merupakan pembahasan 10 bentuk-bentuk pemerintahan yang ada di dunia dari dulu sampai sekarang beserta penjelasan dan contohnya.

Monarki

Monarki merupakan bentuk pemerintahan yang dipimpin raja atau ratu sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam sebuah negara. Bentuk pemerintahan ini menjadi yang tertua di dunia, dimana sistem kerajaan banyak digunakan di masa lampau. Raja dan ratu bisa memiliki sebutan berbeda, seperti Kaisar di Jepang atau Sultan di Brunei.

Demokrasi

Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. Artinya pemegang kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Pejabat negara termasuk presiden dipilih langsung oleh rakyat, dan menjalankan pemerintahan demi kepentingan rakyat. Indonesia termasuk contoh negara yang menganut sistem demokrasi ini.

Oligarki

Oligarki merupakan bentuk pemerintahan yang kekuasaan tertingginya dipegang oleh beberapa orang saja. Penentuan orang-orang yang berkuasa didasarkan pada kekayaan, garis keturunan, status sosial hingga jabatan militer. Di beberapa negara, sistem oligarki masih bisa ditemui meski tidak terang-terangan tampak di publik.

Tirani

Tirani juga termasuk bentuk pemerintahan yang dipegang oleh 1 orang saja. Hampir mirip dengan monarki, hanya saja pemerintahan tirani dilakukan secara otoriter dan sewenang-wenang. Contoh negara tirani adalah Jerman pada masa pemerintahan Adolf Hitler yang begitu otoriter.

Anarkisme

Anarkisme merupakan keadaan saat suatu negara beroperasi tanpa badan pemerintahan terpusat yang sah. Dengan kata lain, tidak tersedia layanan publik dan hubungan diplomatik dengan negara lain. Tiap-tiap regional di suatu negara memiliki pembagian kekuasaan masing-masing.

Oklokrasi

Oklokrasi merupakan bentuk pemerintahan yang terjadi saat negara dalam anarki massa sehingga terjadi kekacauan dimana-mana. Dalam hal ini, banyak pihak-pihak ilegal yang bisa mengendalikan negara dengan kekuatan yang dimiliki. Contohnya pernah terjadi di Amerika era 30an, saat negara dikendalikan oleh kekuatan mafia.

Aristokasi

Aristokrasi merupakan bentuk pemerintahan dimana bangsawan kaya diberi kekuasaan lebih dibanding warga dengan strata sosial yang lebih rendah. Posisi kepemimpinan diserahkan kepada orang-orang dari kelas penguasa elit dan diturunkan secara turun temurun kepada anak cucunya.

Kleptokrasi

Kleptokrasi adalah bentuk pemerintahan dimana partai yang berkuasa mempertahankan kekuasaan melalui korupsi, pencurian, dan cara-cara negatif lainnya. Pada sistem ini, pihak yang berkuasa memanfaatkan kekuasaanya untuk mempertahankan kekuasaannya dengan cara-cara negatif demi kepentingan pribadi dan kelompoknya.

Kolonialisme

Kolonialisme adalah bentuk pemerintahan dimana suatu negara berusaha untuk memperluas kedaulatannya atas wilayah lain. Singkatnya kolonialisme adalah bentuk penjajahan pada negara lain. Kolonialisme melibatkan perluasan kekuasaan suatu negara di luar perbatasannya dan mengeksploitasi sumber daya yang ada di negara jajahannya.

Timokrasi

Timokrasi adalah bentuk pemerintahan dengan ideal tertinggi negara diatur oleh para pemimpin yang memiliki kehormatan dan kelayakan. Dengan kata lain, timokrasi mengutamakan pemimpin yang layak dan kompeten, dibanding mengandalkan seseorang dengan garis keturunan dan hak istimewa lain.

Demikian informasi artikel mengenai bentuk-bentuk pemerintahan beserta pengertian, definisi, dan penjelasannya menurut para ahli. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.