9+ Ciri-Ciri Sains Beserta Karakteristik & Hakikat Sains [Lengkap]

Ciri-ciri sains – Sains adalah ilmu pengetahuan pada umumnya, sesuai definisi sains menurut KBBI. Sains dipelajari sebagai sebuah ilmu yang berkaitan dengan alam dan kehidupan manusia. Hakikat sains haruslah bersifat logis, rasional, serta sesuai logika manusia, dan harus diteliti secara objektif dan empiris.

Pada dasarnya, pengertian sains adalah ilmu pengetahuan yang dipelajari oleh manusia yang diperoleh dari kegiatan pengamatan dan penelitian untuk mengetahui teori yang disepakati. Menurut Einstein, arti sains didefinisikan sebagai bentuk upaya atau kegiatan yang memungkinkan dari berbagai variasi atau pengalaman inderawi mampu membentuk sebuah sistem pemikiran atau pola pikir yang secara rasional seragam.

Sains memiliki banyak cabang ilmu, meliputi hampir semua ilmu pengetahuan yang bisa dipelajari. Teori-teori sains dipelajari dengan tujuan untuk mengungkapkan fakta yang belum diketahui serta untuk memudahkan kebutuhan hidup manusia sehari-hari.

Ilmu sains memiliki karakteristik tersendiri, dilihat dari cara penelitiannya, sifat-sifatnya, serta apa saja yang tidak boleh dilakukan pada penelitian ilmu sains. Misalnya saja, sains dikembangkan berdasarkan pengamatan nyata di lapangan oleh peneliti. Selain itu teori dan hipotesis sains juga harus dapat dibuktikan lewat eksperimen tertentu.

ciri-ciri sains

Ciri-Ciri Sains

Berikut merupakan 9 ciri-ciri dan hakikat sains secara umum beserta karakteristik dan penjelasannya secara lengkap.

Sains bersifat logis dan rasional

Ciri-ciri sains yang utama adalah teori-teorinya dikembangkan secara logis, wajar, dan rasional. Artinya ilmu sains selalu masuk akal dan dapat diterima oleh nalar manusia. Cara berpikir sains harus sesuai dengan logika manusia yang rasional.

Memiliki objek kajian yang konkrit

Sains harus memiliki objek kajian berupa benda yang konkrit dan nyata. Dengan kata lain objek yang diteliti haruslah objek nyata yang dapat diterima oleh panca indera manusia, baik itu benda padat, benda cair atau benda gas.

Dikembangkan dengan metode yang sistematis

Ciri sains berikutnya adalah teorinya dikembangkan oleh langkah-langkah yang sistematis melalui metode ilmiah tertentu. Langkah sistematis berarti penelitian dilakukan secara urut dan rinci, serta sesuai dengan metode ilmiah yang digunakan.

Harus objektif dan apa adanya

Sains haruslah bersifat objektif dan apa adanya. Artinya dalam penelitian ilmu sains tidak boleh ada rekayasa. Hasil penelitian harus disampaikan apa adanya sesuai pengamatan yang dilakukan secara objektif.

Berdasarkan pengalaman yang nyata

Ilmu sains dikembangkan berdasarkan pengalaman yang nyata yang bersifat faktual. Dengan kata lain, teori-teori sains berdasarkan observasi atau pengamatan nyata di lapangan yang telah terbukti, bukan hanya hipotesis yang tidak berdasar.

Teori sains bersifat universal

Teori dan hukum-hukum dalam ilmu sains haruslah bersifat universal dan global. Artinya semua yang dilakukan dalam pengambilan ekperimen dapat dilakukan dimana saja, oleh siapa saja dan kapan saja di seluruh dunia.

Bersifat falsifiable atau dapat dibuktikan

Sains haruslah bersifat falsifiable atau dapat dibuktikan. Maksudnya hipotesis-hipotesis dalam sains bisa dibuktikan melalui percobaan, eksperimen, atau observasi nyata pada objek yang diteliti untuk membuktikan kebenarannya.

Bisa diulang dengan hasil yang sama

Eksperimen dalam sains harus dapat diulang dan akan tetap menghasilkan hasil yang sama. Artinya berapa kali pun eksperimen dilakukan maka kesimpulan yang didapat tetap sama, tanpa ada perbedaan atau perubahan.

Tidak menerima kebetulan yang tidak disengaja

Dalam ilmu sains, semua penelitian harus dilakukan secara empiris dan detail. Tidak ada yang namanya kebetulan dalam sains. Artinya hal-hal yang bersifat kebetulan yang tidak disengaja tidak dapat dimasukkan dalam teori sains.

Demikian pembahasan 9 ciri-ciri sains yang merupakan karakteristik dan hakikat sains sebagai ilmu pengetahuan. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

1 komentar untuk “9+ Ciri-Ciri Sains Beserta Karakteristik & Hakikat Sains [Lengkap]”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.