10+ Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi (Faktor Pendukung & Penghambat)

Faktor yang mempengaruhi komunikasi – Proses komunikasi merupakan proses bertukar pesan dan informasi antara 2 (dua) orang atau lebih, dari pihak pengirim pesan (komunikator) kepada penerima pesan (komunikan). Terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi agar bisa berlangsung secara baik dan efektif antara kedua belah pihak, baik dari pihak komunikator mupun pihak komunikan.

Secara umum unsur-unsur dan komponen komunikasi terdiri dari pihak pengirim pesan (komunikator), pesan atau informasi yang disampaikan, media dan sarana, pihak penerima pesan (komunikan) serta umpan balik dari komunikan. Unsur-unsur tersebut selalu ada pada tiap proses komunikasi yang terjadi di masyarakat.

Ada beberapa fungsi dan manfaat komunikasi yang bisa didapatkan, antara lain untuk mendapatkan informasi, menjalin hubungan dengan orang lain, meminta pertolongan, memberi instruksi dan sugesti, mendapatkan hiburan, mengisi waktu luang, dan sebagainya. Fungsi komunikasi itulah yang membuat manusia terus melakukan komunikasi dalam interaksi sosial.

Tentu tidak semua komunikasi dapat berjalan efektif, ada juga komunikasi yang pesannya tidak tersampaikan karena satu dan lain hal. Memang terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi proses komunikasi itu, apakah bisa berjalan efektif atau tidak. Faktor-faktor ini bisa berupa faktor pendukung atau faktor penghambat komunikasi.

(baca juga faktor yang mempengaruhi interaksi sosial)

faktor yang mempengaruhi komunikasi

Faktor yang Mempengaruhi Komunikasi

Di bawah ini akan dibagikan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi agar berjalan baik dan efektif, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat komunikasi.

Kredibilitas

Faktor kredibiltias (credibility) merupakan faktor yang berkaitan dengan hubungan antar pengirim pesan dan penerima pesan yang saling percaya. Pengirim pesan atau komunikator harus memiliki nilai kredibilitas tinggi di mata penerima pesan atau komunikan, terutama yang berkaitan dengan informasi yang disampaikan.

Konteks

Faktor konteks (context) merupakan faktor yang berkaitan dengan situasi dan kondisi saat komunikasi sedang berlangsung. Konteks meliputi faktor cuaca, faktor psikologis pihak yang terlibat, faktor keramaian, faktor waktu, faktor sosial, dan faktor-faktor lain yang berhubungan dengsn situasi saat itu.

Konten

Faktor konten (content) merupakan faktor yang berkaitan dengan isi pesan atau informasi yang disampaikan agar sesuai dengan kebutuhan. Maksudnya nformasi yang disampaikan harus sesuai dengan kebutuhan pihak penerima pesan dan tidak bertentangan, agar proses komunikasi bisa berlangsung secara efektif.

Kejelasan

Faktor kejelasan (clarity) merupakan faktor yang berkaitan dengan pesan dan informasi yang disampaikan harus jelas dan tidak ambigu. Maksud pesan dan informasi harus bisa diterima dengan baik oleh penerima pesan sehingga tidak menimbulkan kesalahan interpretasi yang membuat komunikasi berjalan buruk.

Kesinambungan dan Konsistensi

Faktor kesinambungan dan konsistensi (continuity and consistency) merupakan faktor yang berkaitan dengan pesan yang disampaikan secara terus menerus dan konsisten. Artinya pesan yang disampaikan sebelumnya dan selanjutnya harus sesuai, berkelanjutan, dan tidak bertentangan, sehingga dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan.

Kemampuan Komunikan

Faktor kemampuan komunikan (capability of audience) merupakan faktor yang berkaitan dengan tingkat pengetahuan dan kemampuan penerima pesan (komunikan) dalam menerima pesan. Pengirim pesan harus memastikan bahwa pesan yang disampaikan dapata diterima oleh penerima pesan sesuai dengan kemampuan dan kapabilitas yang dimiliki komunikan.

Saluran Distribusi

Faktor saluran distribusi (channels of distribution) merupakan faktor yang berkaitan dengan sarana atau media penyampaian pesan. Saluran yang digunakan untuk menyampaikan pesan harus bersifat umum sehingga pesan yang disampaikan akan diterima dengan baik oleh penerima pesan (komunikan) secara efektif.

Pendidikan

Faktor pendidikan (education) juga menjadi faktor yang mempengaruhi komunikasi. Semakin tinggi pendidikan pihak yang terlibat komunikasi, maka akan semakin kompleks sudut pandang dalam menyikapi isi pesan yang disampaikan. Hal ini juga mempengaruhi pemahaman pesan atau informasi yang disampaikan.

Latar Belakang Budaya

Faktor latar belakang budaya (culture background) merupakan faktor yang mempengaruhi komunikasi yang berkaitan dengan pola pikir pelaku komunikasi. Interpretasi suatu pesan akan terbentuk dari pola pikir melalui kebiasaannya, sehingga semakin sama latar belakang budaya antar pelaku komunikasi maka semakin efektif komunikasi tersebut.

Ikatan Kelompok

Faktor ikatan kelompok (group ties) merupakan faktor yang turut mempengaruhi terjadinya proses komunikasi. Nilai-nilai yang dianut oleh suatu kelompok sangat mempengaruhi cara mengamati pesan, sehingga komunikasi antar kelompok yang berbeda mungkin butuh sedikit penyesuaian satu sama lain.

Demikian informasi artikel mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi komunikasi agar bisa jadi baik dan efektif beserta penjelasannya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *