Fungsi Processor Komputer Beserta Bagian-Bagian dan Penjelasannya

Processor adalah salah satu komponen hardware pada komputer yang memiliki peran penting. Fungsi processor komputer penting karena diibaratkan sebagai otak komputer yang memproses data dan informasi yang diinputkan. Tiap bagian-bagiannya juga memiliki fungsi masing-masing.

Secara singkat, pengertian processor adalah perangkat keras komputer yang bertugas memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Processor menjadi komponen komputer yang penting karena menjadi otak dari komputer dan mempengaruhi kinerjanya secara keseluruhan.

Ada banyak jenis-jenis processor komputer yang banyak digunakan. Meski begitu tiap procesor memiliki fungsi yang relatif sama dalam operasional sistem kerja komputer. Fungsi processor tidak hanya untuk input dan output saja, tapi juga dalam bidang lain seperti meningkatkan performa atau integrasi komponen komputer lainnya.

fungsi processor

Bagian-Bagian Processor Komputer

Terdapat 3 bagian komponen processor komputer yang utama, yakni ALU (aritmatics logical unit), CU (control unit), dan MU (memory unit) :

  1. Aritcmatics Logical Unit (ALU), yang berfungsi melakukan semua bentuk perhitungan aritmatika sesuai dengan instruksi programnya. Bagian ALU ini pada dasarnya melakukan semua bentuk logika.
  2. Control Unit (CU), yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data seperti input dan output pada komputer. Semua peralatan dalam sistem komputer diatur dan dikendalikan oleh CU.
  3. Memory Unit (MU), yang berfungsi sebagai alat penyimpanan kecil namun memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi.

Fungsi Processor Komputer

Apa saja fungsi-fungsi procssor pada komputer terhadap kinerja komputer kita? Berikut penjelasan fungsi process komputer secara umum.

1. Memproses Data dan Informasi

Fungsi processor yang utama adalah melakukan pemrosesan data dan informasi pada komputer. Processor akan memproses data yang diterima dari masukkan atau diinput, kemudian akan menghasilkan pengeluaran berupa tampilan atau output sesuai yang diinginkan pengguna.

2. Melakukan Integrasi Seluruh Komponen Komputer

Processor juga berfungsi mengintegrasikan seluruh komponen internal yang ada pada komputer. Komponen yang dimaksud meliputi harddisk, RAM, VGA, dan sebagainya sehingga tiap-tiap komponen bisa bekerja dan terintegrasi satu sama lain sesuai fungsinya masing-masing.

3. Meningkatkan Performa Komputer

Processor juga dapat menjaga dan bahkan meningkatkan performa komputer kita. Artinya semakin baik kualitas dan juga spesifikasi dari sebuah processor, maka semakin tinggi pula kualitas dan juga performa dari komputer tersebut.

4. Melakukan Perhitungan Aritmatika Sesuai Instruksi Program

Processor juga melakukan semua bentuk perhitungan aritmatika atau matematika sesuai dengan instruksi perintah dari program yang dijalankan. Fungsi ini dijalankan oleh bagian ALU atau aritmatics logical unit pada processor, yang mengerjakan semua fungsi dalam bentuk logika.

5. Sebagai Pusat dari Komputer

Kerja dan tugas processor sering diibaratkan sebagai otak komputer. Faktanya processor memang bertindak sebagai pusat kinerja komputer secara keseluruhan. Processor membantu komputer dalam berpikir, menjalankan perintah, mengolah informasi, dan juga melakukan setiap pekerjaan yang harus dilakukan.

6. Mencegah Overlapping Komponen Komputer

Processor berfungsi mengintegrasikan tiap komponen komputer. Hal ini juga penting agar tidak terjadi overlapping pada tiap-tiap komponen komputer. Fungsi ini memastikan sistem kerja komputer secara keseluruhan berjalan baik dan tidak terjadi disfungsi dan overlapping antar komponennya.

7. Sebagai Alat Penyimpanan Kecil

Fungsi processor lain adalah menjadi alat penyimpanan kecil, namun memiliki kecepatan akses yang cukup tinggi. Hal ini menjadi fungsi processor yang dijalankan oleh bagian memory unit atau MU.

Nah itulah sejumlah fungsi-fungsi processor komputer dan penjelasannya. Ada beberapa manfaat dan fungsi komputer yang penting untuk menjaga dan meningkatkan kinerja komputer yang kita gunakan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.