Fungsi Sistem Operasi pada Komputer dan Laptop yang Harus Kamu Ketahui

Tiap komputer atau PC harus memiliki sistem operasi yang terpasang, baik itu Windows, Linux, Mac OS, atau lainnya. Fungsi sistem operasi penting untuk bisa menggunakan komputer kita dengan optimal dan efisien.

Sistem operasi adalah software yang bertanggungjawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras dan menjalankan aplikasi atau software di dalam sistem komputer. Selain itu pengertian sistem operasi juga dapat diartikan sebagai software lapisan pertama yang ada pada memori komputer.

Sistem operasi harus ada pada komputer jika ingin bisa digunakan. Komputer dapat berfungsi karena adanya sistem operasi, kecuali jika dalam keadaan booting. Tanpa sistem operasi, kita tidak akan bisa masuk dalam sistem komputer itu sendiri.

fungsi sistem operasi

Fungsi Sistem Operasi

Adanya sistem operasi atau operating system memiliki beberapa fungsi dan manfaat bagi pengguna komputer, di antaranya adalah sebagai berikut :

Menjalankan Operasi Dasar

Fungsi sistem operasi yang utama adalah untuk menjalankan operasi dasar pada komputer. Adanya sistem operasi memungkinkan kita untuk dapat menggunakan komputer dan menjalankan operasi dasar perangkat lunak bagi pengguna komputer.

Mengatur Kerja Perangkat Lunak dan Keras

Fungsi sistem operasi berikutnya adalah mengatur kerja perangkat lunak (software) dan perangkat keras (hardware). Perangkat lunak yang diatur adalah program-program pada komputer. Sedangkan hardware yang diataur antara lain seperti CPU, harddsik, memori dan sebagainya.

Mengkoordinasi Kerja Perangkat Komputer

Sebuah sistem operasi juga berfungsi untuk mengkoordinasi kerja perangkat komputer. Fungsi ini penting untuk penyusunan program yang kompleks sehingga menjadi lebih sederhana dan sistematis.

Mengoptimalkan Kinerja Komputer

Sistem operasi mampu mengoptimalkan fungsi kinerja komputer. Penggunaan perangkat keras maupun perangkat lunak jadi lebih optimal dengan adanya sistem operasi, misalnya dalam mengatur waktu fungsi CPU atau program dan aplikasi lainnya.

Sebagai Wadah Program dan Aplikasi

Sistem operasi juga memiliki fungsi sebagai wadah atau tempat bagi program dan aplikasi pada komputer. Semua aplikasi yang tersimpan dalam peringkat penyimpanan masuk dalam operating system komputer kita.

Sebagai Tampilan Muka Pengguna

Fungsi OS juga penting sebagai tampilan muka (interface) bagi pengguna. Sistem operasi akan menampilkan program berupa teks atau grafis yang bisa dipahami pengguna, sehingga menjadi penghubung antara pengguna dengan hardware komputer.

Nah itulah fungsi-fungsi sistem operasi secara umum bagi pengguna komputer. OS atau sistem operasi memiliki banyak fungsi penting untuk menggunakan dan mengoptimalkan kinerja komputer.

1 komentar untuk “Fungsi Sistem Operasi pada Komputer dan Laptop yang Harus Kamu Ketahui”

  1. Wah terimakasih min atas informasinya serta penjelasannya mengenai Sistem operasi. Sangat membantu dan bermanfaat bagi saya untuk menambah ilmu dan saya juga belajar banyak hal disini.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.