Game Pertama di Dunia yang Dibuat dan Dimainkan: Spacewar! (1962)

Game sudah menjadi gaya hidup di era digital seperti sekarang. Kita bisa memainkan game lewat konsol, lewat PC, atau lewat ponsel sekalipun. Banyak game-game fenomenal yang dimainkan banyak gamers di dunia, misalnya seperti PES, GTA, Angry Birds, PUBG, Minecraft, Tetris, Super Mario, dan lain-lain. Namun pernahkah kita berpikir, apa game pertama di dunia yang dibuat dan dimainkan?

Perkembangan sejarah game memang sudah ada sejak dulu, bahkan sejak era 50an dan 60an. Meski konsol game generasi pertama baru muncul di tahun 70an, namun uji coba game sudah ada di era sebelumnya. Teknologi di bidang game pun tak lepas dari teknologi komputer dan program pertahanan.

Game-game komputer simple banyak diprogram untuk keperluan akademik di era awal perkembangan komputer. Game-game mini tersebut tidak dipublikasikan dan memerlukan banyak requirement. Baru pada tahun 1962, sebuah inisiasi dari pengembang bernama Steve Russell mencatatkan game pertama yang dibuat dan dimainkan di berbagai platform instalasi komputer.

(baca juga game SEGA terbaik)

game pertama di dunia

Spacewar!: Game Pertama di Dunia

Sejarah

Spacewar merupakan game bergenre space combat, dan pertama dikembangkan di tahun 1962 oleh Steve Russell, yang saat itu menjadi karyawan di Universitas Harvard. Ia dibantu oleh Martin Graetz dan Wayne Wiitanen. Untuk programnya, Russell juga mendapat dukungan dari Bob Saunders dan Steve Piner.

Awalnya game Spacewat dibuat di DEC PDP-1, platform komputer di era itu. Game ini berkembang dan dimainkan banyak akademisi di lingkungan kampus hingga menyebar ke pengguna komputer PDP-1 lainnya, sehingga Spacewar menjadi game pertama yang dimainkan di berbagai instalasi platform.

Gameplay

Gameplay game ini pun sangat simple. Spacewar menyediakan 2 pesawat ulang alik yang saling bertempur untuk menghancurkan satu sama lain, masing-masing dimainkan dua pemain dalam fitur multiplayer. Tiap pesawat memiliki bahan bakar terbatas dan torpedo yang terbatas, sehingga pemain harus pintar-pintar dalam membuat gerakan.

Meski sederhana, namun game ini memiliki nilai historis tinggi, dan jadi salah satu game paling berpengaruh sepanjang masa. Spacewar menginspirasi game-game arcade dengan tema spaceship yang sempat populer di era 70an, 80an, dan 90an. Spacewar begitu populer di era 60an dan dimainakan banyak pengguna komputer saat itu.

Detail

  • Judul game : Spacewar!
  • Developer : Steve Russell
  • Platform : PDP-1
  • Tahun rilis : 1962
  • Genre : Space combat
  • Mode : Multiplayer

Demikian pembahasan video game pertama di dunia yang dibuat dan dimainkan banyak gamers, yakni game berjudul Spacewar yang dirilis di tahun 1962, dikembangkan oleh Steve Russell dengan genre space combat video game. Meski jadul, namun game ini akan terus dikenang dalam sejarah game.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.