9+ Jenis-Jenis Akuntansi Beserta Bidang, Ciri-Ciri dan Penjelasannya

Jenis-jenis akuntansi РPengertian akuntansi secara umum adalah sebuah seni untuk mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data yang berkaitan dengan transaksi keuangan dalam bisnis atau perusahaan. Orang yang melakukan kegiatan akuntansi secara profesional disebut dengan sebutan akuntan.

Sebagai sebuah cabang ilmu, fungsi akuntansi penting untuk memberi informasi berupa laporan keuangan, yang bisa digunakan oleh manajemen perusahaan atau pihak-pihak eksternal yang terkait untuk pengambilan keputusan atau sebagai bahan evaluasi.

Kegiatan yang dilakukan dalam akuntansi meliputi proses pengambilan data, mencatat dan merekap data, analisis dan pengolahan data hingga pembuatan laporan keuangan perusahaan. Informasi yang didapat bisa digunakan sebagai bahan pengambilan keputusan. Akuntansi juga bisa digunakan sebagai pengontrol kas dan keuangan perusahaan.

Ilmu akuntansi dapat diterapkan dalam berbagai bidang. Tiap perusahaan dari berbagai bidang membutuhkan ilmu akuntansi yang berkaitan dengan sektor kas dan keuangan perusahaan. Jenis-jenis akuntansi akan dibahas dalam pembahasan berikut ini.

jenis-jenis akuntansi

Bidang-Bidang Akuntansi

Ada beberapa macam-macam akuntansi ditinjau dari bidang dan karakteristiknya. Berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai jenis-jenis akuntansi dan pengertiannya.

1. Akuntansi Keuangan

Akuntansi keuangan atau financial accounting merupakan bidang akuntansi yang mempelajari tentang transaksi-transaksi keuangan seperti utang (kewajiban), modal (ekuitas), dan perubahan aset pada perusahaan.

2. Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen atau management accounting merupakan bidang akuntansi yang berfokus untuk memberikan data kepada pihak internal perusahaan untuk menentukan kebijakan perusahaan ke depannya.

3. Akuntansi Biaya

Akuntansi biaya atau cost accounting merupakan bidang akuntansi yang bertujuan untuk melakukan efisiensi biaya produksi ataupun biaya-biaya yang lain yang akan dikeluarkan oleh suatu perusahaan.

4. Akuntansi Pemeriksaan

Akuntansi pemeriksaan atau auditing accounting merupakan bidang akuntansi berupa pemeriksaan laporan keuangan yang dilakukan oleh akuntan independen tanpa adanya tekanan dari pihak manapun.

5. Akuntansi Pajak

Akuntansi pajak atau tax accounting merupakan bidang akuntansi yang berfokus pada sektor perpajakan dan segala mekanismenya.

6. Akuntansi Pemerintahan

Akuntansi pemerinthaan atau government accounting merupakan bidang akuntansi yang mempelajari mengenai penyajian dan pengolahan data keuangan pada instansi atau lembaga pemerintahan.

7. Akuntansi Sistem Informasi

Akuntansi sistem informasi merupakan salah satu jenis akuntansi yang melibatkan pengembangan, instalasi, implementasi, dan pemantauan prosedur untuk menentukan proses akuntansi ke depannya.

8. Akuntansi Pendidikan

Akuntansi pendidikan atau education accounting merupakan bidang akuntansi yang berfokus pada sektor pendidikan ilmu akuntansi.

9. Akuntansi Internasional

Akuntansi internasional atau international accounting merupakan bidang akuntansi yang mempelajari masalah-masalah keuangan internasional seperti pedagangan antar negara di berbagai perusahaan multinasional.

Demikian informasi artikel mengenai jenis-jenis akuntansi beserta bidang dan penjelasannya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca sekalian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *