12+ Jenis-Jenis Demokrasi Beserta Pengertian dan Macam-Macamnya

Jenis-jenis demokrasi – Demokrasi adalah sistem pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Demokrasi dapat diartikan sebagai sistem pemerintahan dimana semua warga negaranya mempunyai hak dan kesempatan yang sama untuk berkontribusi dalam proses pengambilan keputusan yang mempengaruhi hidup mereka.

Pada negara demokrasi, kekuasaan tertinggi ada di tangan rakyat. Seperti diketahui bahwa rakyat merupakan salah satu unsur-unsur terbentuknya negara. Untuk itu dalam negara demokrasi, kepentingan rakyat harus jadi prioritas dan harus didahulukan. Pemerintah dan parlemen harus mengakomodasi kepentingan dan suara-suara rakyat.

Dalam sistem demokrasi, tiap warga negara harus dipandang sama, termasuk mendapat perlakuan sama di mata hukum dan pengadilan. Selain itu juga harus ada kebebasan pers dan kebebasan berpendapat bagi warganya. Tentu tetap ada aturan yang harus ditaati yang diwujudkan dalam bentuk konstitusi negara.

Meski secara umum prinsipnya sama, namun ada berbagai macam-macam demokrasi. Sistem demokrasi dapat dibedakan menurut beberapa faktor, seperti prosesnya (langsung dan tidak langsung) atau menurut prinsip ideologinya (liberal dan rakyat). Indonesia sendiri menganut sistem demokrasi Pancasila yang berlandaskan pada 5 sila pada Pancasila sebagai dasar negara.

(baca juga bentuk-bentuk pemerintahan)

jenis-jenis demokrasi

Jenis-Jenis Demokrasi

Berikut akan diulas apa saja jenis-jenis demokrasi beserta pengertiannya berdasarkan prosesnya, prinsip ideologinya, hubungan antar alat kelengkapan negaranya serta bentuknya

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Prosesnya

Terdapat 2 (dua) jenis demokrasi menurut kehendak rakyat, yakni demokrasi langsung dan demokrasi tidak langsung (perwakilan).

  • Demokrasi Langsung, yakni jenis demokrasi dimana setiap rakyat memberikan suara atau pendapat dalam menentukan suatu keputusan.
  • Demokrasi Tidak Langsung (Perwakilan), yakni jenis demokrasi dimana rakyat memilih perwakilan melalui pemilihan umum untuk menyampaikan pendapat dan mengambil keputusan bagi mereka.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Prinsip Ideologinya

Terdapat 4 (empat) jenis demokrasi menurut prinsip ideologinya, yakni demokrasi liberal, demokrasi rakyat, demokrasi konstitusional, dan demokrasi Pancasila.

  • Demokrasi Liberal, yakni jenis demokrasi yang menitikberatkan pemerintahannya kepada satu orang individu yang biasanya merupakan pemimpin negara tersebut.
  • Demokrasi Rakyat, yakni jenis demokrasi yang tidak mengenal kelas sosial dalam kehidupan dan mengutamakan kepentingan kelompok dan rakyat kecil.
  • Demokrasi Konstitusional, yakni jenis demokrasi yang dilandaskan kebebasan setiap orang atau manusia sebagai makhluk sosial.
  • Demokrasi Pancasila, yakni jenis demokrasi yang berlandaskan nilai-nilai dalam Pancasila dan hanya diterapkan di Indonesia.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Hubungan Antar Alat Kelengkapan Negara

Terdapat 4 (empat) jenis demokrasi menurut hubungan antar alat kelengkapan negaranya, yakni demokrasi perwakilan referendum, demokrasi perwakilan parlementer, demokrasi perwakilan sistem pemisah kekuasaan, dan demokrasi perwakilan inisiatif rakyat.

  • Demokrasi Perwakilan Referendum, yakni jenis demokrasi dimana warga negara menyampaikan pendapat melalui perwakilan yang telah mereka tentukan.
  • Demokrasi Perwakilan Parlementer, yakni jenis demokrasi dimana dalam sistem parlementer suatu negara terdapat hubungan yang erat antara eksekutif dan legislatif.
  • Demokrasi Perwakilan Sistem Pemisah Kekuasaan, yakni jenis demokrasi dimana kedudukan dewan eksekutif setara dengan kedudukan dewan legislatif.
  • Demokrasi Perwakilan Inisiatif Rakyat, yakni jenis demokrasi dimana terdapat badan perwakilan yang dikendalikan rakyat melelui referendum yang obligator dan fakultatif.

Macam-Macam Demokrasi Berdasarkan Bentuknya

Terdapat 2 (dua) jenis demokrasi menurut bentuknya, yakni demokrasi prosedural dan demokrasi substansial.

  • Demokrasi Prosedural, yakni jenis demokrasi dimana proses pemilihan umumnya dilakukan secara langsung.
  • Demokrasi Substansial, yakni jenis demokrasi dimana nilai-nilai demokrasi diwujudkan dan terdapat perlindungan terhadap minoritas.

Demikian informasi artikel mengenai jenis-jenis demokrasi beserta pengertian dan penjelasannya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.