7+ Karakteristik Gelombang Beserta Ciri-Ciri dan Sifat-Sifat Gelombang

Karakteristik gelombang – Gelombang diartikan sebagai getaran yang merambat, baik melalui medium perantara tertentu maupun melalui ruang hampa. Tentunya ada beberapa karakteristik dan sifat-sifat gelombang menurut teorinya, di antaranya pemantulan gelombang, pembiasan gelombang, penguraian gelombang, dan efek doppler.

Secara umum pengertian gelombang adalah getaran yang merambat tanpa memindahkan materi perantaranya. Sebuah gelombang bisa merambat melalui medium tertentu atau bisa juga tanpa medium melalui ruang hampa. Ketika merambat, sebuah gelombang memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa memindahkan medium yang telah dilaluinya.

Ada beberapa macam-macam gelombang. Jika dibedakan menurut arah rambatnya, gelombang terdiri dari gelombang transversal dan longitudinal. Jika diklasifikasikan menurut mediumnya, gelombang dibedakan menjadi gelombang mekanik dan elektromagnetik. Sementara menurut amplitudonya, ada dua jenis-jenis gelombang yakni gelombang stasioner (diam) dan berjalan.

Gelombang memiliki beberapa karakteristik tertentu. Sifat-sifat gelombang ini bisa terjadi jika sudah memenuhi syarat atau kriteria tertentu, misalnya sifat pemantulan gelombang baru bisa terjadi ketika gelombang bertemu dengan bidang batas dua medium, sehingga gelombang kemudian dipantulkan. Selain itu juga ada sifat dan karakteristik gelombang yang lainnya.

karakteristik gelombang

Karakteristik Gelombang

Berikut ini akan diulas satu per satu karakteristik dan sifat-sifat gelombang secara umum beserta penjelasan lengkapnya.

1. Pemantulan (Refleksi)

Karakteristik gelombang yang pertama adalah refleksi atau pemantulan gelombang. Proses pemantulan gelombang merupakan perubahan arah rambat gelombang saat bertemu dengan bidang batas dua medium. Hukum pemantulan gelombang berlaku pada semua jenis gelombang, termasuk juga gelombang bunyi.

2. Pembiasan (Refraksi)

Karaktetistik gelombang berikutnya adalah pembiasan gelombang atau refraksi. Pembiasan gelombang ini merupakan peristiwa pembelokan arah lintasan gelombang karena melalui dua medium yang berbeda kerapatannya. Jika medium yang dilalui berbeda, maka indeks bias medium juga berbeda.

3. Pelenturan (Difraksi)

Berikutnya ada ciri pelenturan gelombang atau difraksi. Yang dimaksud pelenturan gelombang merupakan peristiwa penyebaran gelombang saat melalui celah sempit. Adapun jumlah besarnya difraksi juga bergantung pada ukuran penghalang dan panjang gelombang yang dilalui oleh gelombang tersebut.

4. Penguraian (Dispersi)

Dispersi gelombang merupakan proses penyebaran bentuk gelombang ketika merambat melalui suatu medium. Dispersi dapat terjadi ketika terdapat sebuah perbedaan deviasi untuk setiap panjang gelombang, karena perbedaan kelajuan masing-masing gelombang pada saat melewati medium pembias.

5. Interferensi

Interferensi pada gelombang merupakan sebuah perpaduan antara dua gelombang dengan sifat koheren, yakni memiliki besaran amplitudo dan frekuensinya sama dengan fase tetap. Secara umum, interferensi gelombang dibedakan menjadi 2 (dua) jenis, yakni interferensi konstruktif (menguatkan) serta interferensi destruktif (melemahkan).

6. Polarisasi

Polarisasi gelombang merupakan peristiwa terserapnya sebagian arah getar gelombang, yang menyebabkan gelombang keluaran hanya memiliki satu arah saja. Sifat polarisasi gelombang ini hanya dapat dijumpai pada jenis gelombang transversal saja, dan tidak dapat ditemui pada jenis gelombang longitudinal.

7. Efek Doppler

Karakteristik gelombang yang terakhir adalah efek doppler. Pengertian efek doppler adalah efek berubahnya frekuensi bunyi akibat adanya kecepatan relatif antara sumber dan pengamat. Sifat ini terjadi saat gelombang dan penerima bergerak saling mendekati, frekuensi yang terdeteksi lebih besar daripada frekuensi sumber.

Demikian informasi artikel mengenai karakteristik gelombang beserta ciri-ciri dan sifat-sifat gelombang selengkapnya. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.