15+ Kelebihan dan Kekurangan Realme 3 Beserta Fitur-Fiturnya

Kelebihan dan kekurangan Realme 3 – Realme merupakan series smartphone China yang populer, dulunya merupakan bagian dari OPPO, namun kini telah menjadi brand yang terpisah. Realme 3 jadi salah satu tipe smartphone yang cukup digemari dengan fitur bagus dan harga yang terjangkau.

Realme 3 diluncurkan pada tanggal 4 Maret 2019. Berbagai fitur disediakan, seperti penggunaan MediaTek Helio P70 SoC dengan ARM Mali-G72 MP4 GPU. Layarnya berukuran 6,3 inci HD+ dengan fitur-fitur lain seperti kamera, baterai, dan sistem operasi terbaru yakni Android Pie.

Sejak peluncurannya, ponsel Realme 3 pun banyak menjadi perbincangan para penggemar gadget. Hal ini karena fitur dan spesifikasi yang disediakan cukup bagus dan berkualitas, sedangkan harga yang dipatok pun cukup murah dan terjangkau. Tak heran jika smartphone Realme sangat laris di pasaran, termasuk di Indonesia.

Namun sebelum membeli ponsel ini, alangkah baiknya untuk mengecek dulu kelebihan dan kekurangan Realme 3 berikut ini.

(baca juga macam-macam sistem operasi)

kelebihan dan kekurangan realme 3

Kelebihan Realme 3

Terdapat sejumlah keunggulan Realme 3 yang berasal dari sektor desain, spesifikasi, baterai, dan fitur lainnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan-kelebihan smartphone Realme 3 dan penjelasannya.

Spesifikasi Umum

Spesifikasi umum Realme 3 banyak dipuji karena kualitasnya yang bagus. Realme 3 menggunakan chipset Mediatek Helip P60 octa-core berkecepatan 4×2.0 GHz Cortex-A73 & 4×2.0 GHz Cortex-A53 yang dibangun di atas fabrikasi 12nm. Hal tersebut dipadu dengan GPU Mali-G72 MP3. Selain itu Realme hadir RAM di kisaran 3-4 GB dan penyimpanan internal sebesar 32-64 GB.

Performa Bagus

Dengan spesifikasi prosesor yang bagus, maka berdampak pada performa Realme 3 yang bagus an memikat. Ponsel ini pun dapat memainkan game-game berat dengan setting grafis yang high, sehingga sangat direkomendasikan bagi gamers dan pengguna aplikasi berat lainnya.

Kamera Berkualitas

Kamera jadi salah satu fitur smartphone paling penting saat ini. Realme 3 dibekali oleh 2 kamera belakang 13 MP dan 2 MP, serta kamera depan 13 MP. Selain itu juga ada fitur LED flash untuk menghasilkan foto yang baik, serta fitur Chroma Boost untuk meningkatkan warna foto. Ada juga fitur Nightscape agar foto tetap terang dan tajam di malam hari.

Baterai Awet

Baterai juga jadi keunggulan Realme 3 yang banyak dibicarakan. Realme 3 menanamkan baterai sebesar 4.230mAH yang pas digabungkan dengan prosesornya, yang akan menambah pengalaman gaming menjadi maksimal.

Desain Elegan

Ponsel Realme 3 dilengkapi oleh desain yang anggun dan elegan. Terdapat poni dewdrop kecil di bagian atasnya. Warna Realme 3 juga sangat menarik dan bagus. Dengan ukuran layar yang hanya 6,2 inci, ponsel ini pun mudah untuk digenggam dan dibawa dalam kehidupan sehari-hari.

Sistem Operasi Terbaru

Realme 3 juga sudah menggunakan sistem operasi terbaru saat ponsel ini diluncurkan, yakni Android 9.0 Pie versi terbaru. Sistem operasi ini akan dipadukan dengan penggunaan UI terbaru dari Realme yakni ColorOS 6.0. Ada banyak fitur-fitur UI tersebut seperti hypet boost, smart assistant, game assistant, dan lain-lain.

AI Face Unlock

Realme 3 juga dilengkapi fitur AI face unlock, yang memungkinkan kita menggunakan deteksi wajah untuk membuka kunci, dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan atau AI. Fitur ini memang sangat akurat dengan respon yang cepat, sehingga sangat berguna bagi penggunanya.

Triple Slot

Selanjutnya juga ada fitur triple slot sebagai salah satu kelebihan Realme 3 lainnya. Artinya slot kartu microSD bisa menampung 3 kartu sekaligus, bukan hanya 2 kartu seperti kebanyakan ponsel lainnya.

Sensor Fingerprint

Sensor fingerprint juga tersedia sebagai salah satu fitur Realme 3 yang cukup menonjol. Adanya fitur ini memudahkan penggunanya untuk membuka kunci hanya menggunakan sidik jari. Realme 3 sendiri mengizinkan 5 sidik jari berbeda untuk didaftarkan pada sensor ini di tiap ponsel.

Harga Relatif Terjangkau

Keunggulan Realme 3 terakhir adalah harga yang dipatok, yang memang sangat terjangkau. Mulai harga 2 juta, kita bisa mendapatkan smartphone Realme 3 ini. Tak heran jika ponsel ini begitu laris dan laku di pasaran, serta diminati oleh banyak konsumen dari berbagai kalangan.

Kekurangan Realme 3

Selain kelebihan-kelebihan di atas, juga terdapat beberapa kelemahan Realme 3 yang mungkin juga patut diperhitungkan. Berikut adalah beberapa kekurangan-kekurangan Realme 3 dan penjelasannya.

Bodi Berbahan Plastik

Kekurangan Realme 3 yang utama mungkin adalah bodinya yang masih menggunakan material plastik, tepatnya memakai bahan plastik polycarbonat. Tidak ada penutup kaca pada bagian belakang bodinya sehingga kesannya mungkin terlihat kurang bagus dan kurang terlindungi.

Noda Sidik Jari Mudah Menempek

Akibat dari bodi Realme 3 yang berbahan plastik, adalah sidik jari pengguna yang mudah menempel di bodinya. Noda sidik jari ini gampang membekas sehingga mengurangi nilai estetika desainnya. Disarankan untuk memakai casing tambahan agar noda sidik jari jadi tidak terlihat.

Charging Kurang Cepat

Kelebihan Realme 3 berikutnya adalah tidak mendukung fitur fast charging atau charging cepat. Hal ini tentu sangat disayangkan, padahal kapasitas baterai Realme 3 cukup besar. Proses pengisian ulang dayanya tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat, dan harus memakan cukup waktu tertentu.

Sidik Jari Tidak Terlalu Responsif

Sidik jari pada smartphone Realme 3 juga tidak terlalu responsif. Hal ini banyak dikeluhkan penggunanya karena sidik jari cukup lambat dan tidak responsif. Akibatnya banyak yang lebih memilih fitur AI face unlock dibanding fitur sidik jari.

Layar Hanya Beresolusi HD

Kekurangan dari ponsel ini adalah resolusi layarnya hanya HD, belum sampai Full HD. Hal ini bisa dibilang masih tertinggal dibanding smartphone kompetitor lain yang sudah menyediakan fitur Full HD, sehingga Realme 3 gambarnya kurang begitu tajam.

Nah itulah 10 kelebihan Realme 3 serta 5 kekurangan Realme 3 beserta fitur-fitur dan penjelasannya. Tentunya kriteria-kriteria tersebut bisa jadi pertimbangan bagi para penggemar gadget yang ingin membeli smartphone baru sesuai keinginannya.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.