14+ Macam-Macam Data Beserta Ciri-Ciri, Jenis, dan Contohnya [Lengkap]

Macam-macam data – Pengertian data adalah sekumpulan keterangan atau deskripsi dasar dari suatu hal yang diperoleh dari hasil pengamatan yang dapat diolah menjadi informasi dan kesimpulan tertentu. Data bisa dinyatakan dalam bentuk teks, angka, gambar, simbol, keterangan, dan lain sebagainya.

Data masih bersifat mentah. Artinya data-data yang ada harus diolah dan dianalisis dengan metode-metode penelitian tertentu, untuk kemudian dihasilkan sebuah informasi yang penting dan berguna bagi peneliti.

Ada beberapa cara pengumpulan data, misalnya melalui pengamatan langsung, penggunaan kuesioner, melakukan wawancara, penelusuran literatur, dan lain sebagainya. Ada banyak data di sekitar kita yang bisa kita dapatkan dengan observasi.

Data memiliki beberapa jenis, tergantung pada indikator atau kriteria yang membedakannya. Secara umum data dapat dibedakan menjadi data primer dan sekunder, data kualitatif dan kuantitatif serta data internal dan eksternal. Pembahasan lebih lengkap akan dijelaskan dalam pembahasan di bawah ini.

(baca juga pengertian sains)

macam-macam data

Macam-Macam Data

Berikut akan dijelaskan jenis-jenis data dan pengertiannya berdasarkan sumber data, sifat, cara memperoleh, waktu pengumpulan, susunan, dan skala pengukurannya.

Menurut Sumber Datanya

  • Data internal, yakni jenis data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan suatu organisasi yang dikumpulkan sendiri dan hasil datanya digunakan oleh organisasi itu sendiri.
  • Data eksternal, yakni jenis data yang menggambarkan keadaan atau kegiatan di luar organisasi dan data tersebut tidak terdapat dalam aktivitas intern organisasi tersebut.

Menurut Sifatnya

  • Data kualitatif, yakni jenis data deskriptif yang tidak dinyatakan bentuk angka, bisa berupa bentuk verbal, simbol, gambar, dan sebagainya.
  • Data kuantitatif, yakni jenis data yang dinyatakan dalam bentuk angka dan bilangan.

Menurut Cara Memperolehnya

  • Data primer, yakni jenis data yang dikumpulkan sendiri oleh orang yang akan melakukan penelitian dari hasil pengamatan, wawancara, survei, dan sebagainya.
  • Data sekunder, yakni jenis data yang diperoleh dan dikumpulkan dari pihak lain atau dari data yang sudah ada, seperti dari arsip, dokumen, jurnal, penelitian lain, dan sebagainya.

Menurut Waktu Pengumpulannya

  • Data cross section, yakni jenis data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu yang hanya bisa menggambarkan keadaan atau kegiatan pada waktu tersebut.
  • Data time series, yakni jenis data dikumpulkan dari waktu ke waktu sehingga ada perkembangannya yang menunjukkan arah secara umum.

Menurut Susunannya

  • Data tunggal (acak), yakni jenis data yang belum tersusun atau dikelompokkkan ke dalam kelas-kelas interval untuk memudahkan penelitian.
  • Data berkelompok, yakni jenis data yang sudah tersusun atau dikelompokkan ke dalam kelas-kelas interval tertentu.

Menurut Skala Pengukurannya

  • Data nominal, yakni jenis data yang inputnya dibedakan dan diklasifikasikan dalam bentuk angka sebagai pembedanya.
  • Data ordinal, yakni jenis data yang diperoleh dengan kategorisasi, dimana angka yang dicantumkan merupakan pembeda dan menunjukan adanya urutan tingkatan.
  • Data interval, yakni jenis data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan pengukuran yang tidak mempunyai nilai nol mutlak.
  • Data rasio, yakni jenis data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan perhitungan yang mempunyai nilai nol mutlak.

Demikian informasi artikel mengenai macam-macam data beserta pengertian, ciri-ciri, dan contohnya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca sekalian.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *