Macam-Macam Gelombang Beserta dan Jenis-Jenis dan Contohnya

Macam-macam gelombang – Gelombang adalah getaran yang merambat. Jika dijabarkan lebih luas, maka pengertian gelombang adalah getaran yang merambat, bisa melalui medium atau zat perantara tertentu atau bisa juga merambat tanpa medium sama sekali, yakni melalui ruang hampa. Gelombang merupakan energi getaran yang merambat tanpa memindahkan materi perantaranya.

Gelombang juga memiliki beberapa sifat, misalnya mengalami pemantulan dan pembiasan. Peristiwa pemantulan gelombang disebut sebagai refleksi gelombang, sedangkan peristiwa pembiasan gelombang disebut sebagai refraksi. Gelombang juga memiliki sifat interferensi gelombang, difraksi gelombang, dispersi gelombang serta polarisasi gelombang.

Terdapat beberapa macam gelombang yang dibedakan berdasarkan kriteria-kriteria tertentu. Secara umum, jenis gelombang dibedakan menjadi 2 (dua) yakni gelombang transversal dan gelombang longitudinal. Klasifikasi gelombang tersebut didasarkan pada arah getarannya terhadap arah rambatannya.

macam-macam gelombang

Macam-Macam Gelombang

Berikut ini akan dibahas mengenai apa saja macam-macam gelombang yang ada yang dibagi berdasarkan arah rambatannya, ada tidaknya perantara serta berubah tidaknya amplitudo gelombang.

Jenis-Jenis Gelombang Menurut Arah Rambatannya

Macam-macam gelombang berdasarkan arah rambatannya dibagi menjadi 2 (dua) yaitu gelombang transversal dan gelombang longitudinal.

1. Gelombang Transversal

Gelombang transversal merupakan jenis gelombang yang arah getarnya tegak lurus dengan arah rambatannya. Bentuk getaran dari gelombang transversal menyerupai lembah dan bukit.

Contoh gelombang transversal bisa dilihat dari gelombang pada riak air atau gelombang pada benang yang digetarkan.

2. Gelombang Longitudinal

Gelombang longitudinal merupakan jenis gelombang yang arah rambatannya sejajar dengan arah getarannya. Bentuk getaran pada gelombang longitudinal menyerupai rapatan dan renggangan.

Contoh gelombang longitudinal bisa dilihat dari gelombang bunyi atau gelombang pada pegas yang ditarik, kemudian dilepaskan.

Jenis-Jenis Gelombang Menurut Mediumnya

Macam-macam gelombang berdasarkan mediumnya dibagi menjadi 2 (dua) yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik.

1. Gelombang Mekanik

Gelombang mekanik merupakan jenis gelombang yang dalam proses perambatannya memerlukan medium atau zat perantara tertentu. Tanpa adanya medium, maka gelombang tidak akan terjadi.

Contoh gelombang mekanik dapat dilihat pada gelombang bunyi yang membutuhkan medium udara, serta pada gelombang obak yang membutuhkan medium air.

2. Gelombang Elektromagnetik

Gelombang Elektromagnetik adalah gelombang yang dalam proses perambatannya tidak memerlukan medium (zat perantara). Artinya gelombang ini bisa merambat dalam keadaan bagaimanapun tanpa memerlukan medium. Contohnya adalah gelombang cahaya yang terus ada dan tidak memerlukan zat perantara.

Jenis-Jenis Gelombang Menurut Amplitudonya

Macam-macam gelombang berdasarkan amplitudonya atau simpangan terjauhnya juga dibagi menjadi 2 (dua) yaitu gelombang berjalan dan gelombang diam.

1. Gelombang Berjalan

Gelombang berjalan merupakan jenis gelombang yang amplitudonya statis atau tetap pada setiap titik yang dilalui gelombang. Contoh gelombang berjalan dapat ditemukan dari gelombang pada tali.

2. Gelombang Diam

Gelombang diam merupakan jenis gelombang yang amplitudonya berubah-ubah atau tidak sama di setiap titik yang dilalui oleh gelombang. Jenis gelombang diam juga disebut sebagai gelombang stasioner, gelombang tegak atau gelombang berdiri. Contoh gelombang diam dapat ditemukan dari gelombang pada senar gitar yang dipetik.

Demikian info macam-macam gelombang beserta jenis-jenis dan contohnya disertai penjelasan lengkap mengenai definisi tiap-tiap jenis gelombang. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *