18+ Macam-Macam Genre Film Beserta Pengertian dan Contohnya

Macam-macam genre film – Semua orang suka menonton film, dari mulai anak-anak, remaja, sampai orang dewasa. Tentu tiap orang memiliki preferensi genre film berbeda-beda, misalnya anak-anak cenderung suka film kartun dan animasi, kalangan remaja banyak yang gemar menonton film-film romance, atau orang tua yang mungkin lebih memilih film drama.

Faktanya memang ada banyak macam-macam genre film populer. Jenis-jenis genre film diklasifikasikan berdasarkan tema dan karakteristiknya atau juga dari teknik pembuatannya. Sejumlah genre film favorit seperti film drama, horor, komedi, action, atau romance menjadi jenis film yang paling diminati dan paling banyak dibuat.

Beberapa genre film juga memiliki similaritas, misalnya film horor dan film thriller. Jika film horor mengandung unsur ketakutan, film thriller lebih menekankan pada sisi suspense dan ketegangan. Begitu pula film sci-fi dan film fantasi, dimana film sci-fi lebih menekankan sisi teknologi ilmiah fiksi, sementara fantasi mengandung unsur-unsur imajinatif.

Genre-genre film yang ada juga bisa dikombinasikan membentuk sub-genre baru, beberapa sub-genre gabungan yang cukup populer misalnya action comedy, drama romance, comedy horor, action thriller, comedy romance, horor misteri, dan sebagainya. Nah kali ini akan diulas macam-macam genre film selengkapnya.

macam-macam genre film

Macam-Macam Genre Film

Di bawah ini akan dijelaskan apa saja klasifikasi jenis-jenis genre film beserta pengertian, karakteristik serta contoh film tiap-tiap genrenya.

Drama

Film drama merupakan jenis genre film paling umum dan paling dasar. Film drama adalah jenis film yang menghadirkan konflik drama dari beberapa tokoh yang ada di dalamnya. Drama memiliki tema tertentum bisa berupa konflik percintaan, keluarga, persahabatan, politik, sosial, kehidupan, dan lain sebagainya.

Contoh film drama misalnya seperti The Shawshank Redemption, Forrest Gump, Room, Pulp Fiction, The Social Network, Slumdog Millionaire, City of God, dan lain-lain.

Action

Film action atau film aksi laga merupakan jenis film yang menghadirkan aksi laga dan pertarungan di dalamnya. Tokoh dalam film akan terlibat dalam tantangan yang memerlukan kekuatan fisik ataupun kemampuan khusus. 

Ada beberapa subgenre film action di antaranya adalah :

  • Action-comedy, menggabungkan unsur aksi dan komedi dalam satu film, contohnya seperti Bad Boys, 21st Jump Street, The Nice Guys, dan Rush Hour.
  • Disaster movie, merupakan film yang menghadirkan bencana alam atau fiksi, contohnya seperti 2012, Indepedence Day, Deep Impact, dan San Andreas.
  • Martial arts, merupakan film aksi yang menghadirkan elemen teknik bela diri, contohnya seperti The Raid, Ong-Bak, Karate Kid, dan Police Story.
  • Spy film, merupakan film aksi dengan tema mata-mata dan spionase, contohnya seperti Misson Impossible series, Jason Bourne series, hingga film-film James Bond.
  • Buddy-cop, merupakan film aksi dengan 2 tokoh utama yang bertolak belakang, biasanya polisi, contohnya seperti Lethal Weapon, 48 Hrs, dan Beverly Hills Cop.
  • Superhero, merupakan film yang menghadirkan tokoh superhero dengan kekuatan super, contohnya seperti The Avengers, Iron-Man, Captain America, Wonder Woman, Spider-Man, dan The Dark Knight.
  • Swashbuckler film, merupakan film aksi yang berlatar di masa lalu dengan karakter heroik, contohnya seperti Pirates of the Caribbean, The Three Musketeers, dan The Mask of Zoro.

Komedi

Film komedi (comedy) merupakan jenis film yang tujuannya adalah membuat penonton tertawa. Dalam film komedi terdapat humor lucu dan kocak yang membuat tertawa, baik lewat adegan, tingkah laku, situasi, hingga dialog, percakapan, dan punchline yang ditampilkan dalam film.

Ada beberapa subgenre film comedy di antaranya adalah :

  • Black comedy, merupakan jenis film komedi yang menyinggung hal-hal tabu seperti kematian, pembunuhan, kriminal, dan hal satir lain, contohnya seperti Dr. Strangelove, Burn After Reading, The Wolf of Wall Street, dan Once Upon a Time in Hollywood.
  • Parody atau spoof, merupakan jenis film komedi yang memparodikan film atau karya lain, contohnya seperti Blazing Saddies, Airplane, dan Scary Movie.
  • Slapsticks, merupakan jenis film komedi yang mengandalkan humor secara fisik dan komikal, contohnya seperti Johnny English, Meet the Parents, dan Home Alone.
  • Fish Out of Water, merupakan istilah film komedi saat karakternya berada di situasi yang asing dan tak terduga, contohnya seperti The Big Lebowski, A Serious Man, dan Police Academy.

Horor

Film horor merupakan jenis film yang bertujuan untuk membuat penontonnya takut. Film horor mengandung elemen-elemen yang berhubungan dengan hantu, setan, mistis, dan dunia ghaib. Namun horor tak harus film hantu, bisa juga dari makhluk lain seperti monster, vampire, manusia serigala, pembunuh berantai, dan elemen ketakutan lain.

Ada beberapa subgenre film horor di antaranya adalah :

  • Action horror, yakni mengkombinasikan film aksi dan film horor, contohnya adalah Resident Evil, Aliens, Blade, dan World War Z.
  • Psychological horror, yakni film horor yang melibatkan emosi dan kondisi mental karakternya, contohnya seperti Silent Hill, The Shining, Sinister, dan Rosemary’s Baby.
  • Comedy horror, yakni mengkombinasikan unsur horor dan komedi, contohnya adalah Zombieland, Shaun of the Dead, Scary Movie, dan Ghostbusters.
  • Slasher, yakni jenis film horor yang berhubungan dengan pembunuh berantai yang mengancam, contohnya seperti Psycho, Friday the 13th, A Nightmare on Elm Street, dan Scream.
  • Supernatural horror, yakni jenis film yang berhubungan dengan unsur mistis dan ghaib, contohnya seperti The Exorcist, The Conjuring, The Ring, dan The Amityville Horror.
  • Horror thriller, yaknii jenis film horor dengan tensi yang menegangkan, contohnya seperti Get Out, It Follows, Don’t Breathe, dan The Invitation.
  • Natural horror, yakni film horor yang berkaitan dengan elemen alam yang mengancam, contohnya seperti Crawl, The Birds, Jaw, dan Piranha.
  • Zombie film, yakni jenis film horor yang menghadirkan zombie atau mayat hidup, contohnya seperti Dawn of the Dead, Night of the Living Dead, 28 Days Later, dan World War Z.

Romance

Film romance merupakan jenis film yang berfokus pada kisah cinta atau hubungan tertentu. Umumnya film romantis juga berdampingan denga genre film drama. Konflik-konflik yang ditampilkan merupakan konflik seputar asmara dan percintaan.

Contoh film romance misalnya yaitu The Fault in Our Stars, (500) Days of Summer, Love Actually, About Time, The Notebook, Titanic, dan lain-lain.

Fantasy

Film fantasy merupakan jenis film yang setting dan karakternya bersifat imajinatif di luar nalar manusia. Umumnya film fantasy mengandung unsur supernatural, makhluk mitologi, dunia sihir, ras-ras hybrid, hingga setting negeri dongeng.

Contoh film fantasy misalnya yaitu The Lord of the Rings series, The Hobbit series, Harry Potter series, dan Fantastic Beasts series.

Adventure

Film adventure atau petualangan adalah jenis film yang berkisahkan petualangan atau penjelajahan ke suatu lokasi atau tempat tertentu, biasanya dengan tujuan mencari item, benda atau tujuan khusus lainnya.

Contoh film adventure misalnya yaitu Indiana Jones series, Pirates of the Caribbean series, The Revenant, First Blood, dan lain-lain.

Thriller

Film thriller merupakan jenis film yang menghadirkan unsur ketegangan yang bisa memacu adrenalin sepanjang durasi film dari awal sampai akhir. Dalam film thriller, situasi suspense atau menegangkan dibangun sepanjang film, biasana dipadukan dengan unsur horor, misteri, atau action.

Contoh film thriller misalnya yaitu Shutter Island, Casino Royale, The Sixth Sense, The Fugitive, Taken, dan lain-lain.

Sci-Fi

Film fiksi ilmiah atau science fiction, disingkat sci-fi, merupakan jenis film yang berhubungan dengan teknologi dan pengetahuan fiktif sebagai fokusnya. Biasanya film sci-fi berkaitan dengan elemen robot, luar angkasa, alien, cyborg, mesin waktu, hingga era masa depan.

Contoh film sci-fi misalnya yaitu 2001: A Space Odyssey, Blade Runner, Star Wars series, Inception, Back to the Future, Gravity, Interstellar, Arrival, dan sebagainya.

Misteri

Film misteri merupakan jenis film yang mengandung unsur misteri dan penyelidikan. Dalam film misteri, kita dibuat bertanya-tanya siapa pelaku kejahatan dalam film. Film misteri berkaitan dengan penyelidikan polisi atau detektif hingga kasus-kasus kriminal yang pelakunya belum diketahui.

Contoh film misteri misalnya adalah The Usual Suspect, Memento, Sherlock Holmes, Zodiac, Vertigo, The Third Man, Dial M for Murder, dan lain-lain.

Western

Film western merupakan jenis film yang berkaitan dengan suku dan kehidupan di Amerika pada zaman dahulu. Umumnya film western menghadirkan tokoh koboi, sheriff, dan gangster dalam aksi tembak menembak yang klasik.

Contoh film western misalnya adalah The Good the Bad and the Ugly, Unforgiven, Once Upon a Time in the West, The Hateful Eight, dan lain-lain.

Perang

Film perang atau war movies merupakan jenis film yang bersetting di zaman perang yang terjadi di dunia nyata. Dalam film perang tidak hanya tentang adegan perang dan pertarungan saja, tapi bisa mengambil sisi lain seperti upaya pelarian diri atau kisah keluarga di zaman perang.

Contoh film perang misalnya adalah Black Hawk Down, The Hurt Locker, Schindler’s List, Platoon, The Pianist, Dunkirk, dan lain-lain.

Crime

Film kriminal atau crime merupakan jenis film yang menghadirkan aksi kriminal sebagai fokus utamanya, bisa berupa pencurian, perampokan, pembunuhan, penipuan, hingga tindakan mafia, yakuza, atau gangster.

Contoh film crime misalnya adalah Reservoir Dogs, The Godfather, Heat, Snitch, Seven, Goodfellas, Dog Day Afternoon, Oceans Eleven, dan lain-lain.

Sport

Film olahraga atau sport merupakan jenis film yang berfokus pada kisah olahraga. Sport film bisa berfokus pada event olahraga, kehidupan atlet, rivalitas olahragawan, dan sebagainya. Jenis olahraga yang sering diangkat sebagai film adalah tinju, racing, sepak bola, baseball, renang, atletik, dan lain-lain.

Contoh film sport misalnya yaitu Rocky series, The Wrestler, Goal, Million Dollar Baby, Moneyball, Creed, dan lain-lain.

Dokumenter

Film dokumenter merupakan jenis film yang mendokumentasikan fakta tentang topik atau subjek tertentu yang dibahas. Dengan kata lain, pengertian film dokumenter merupakan jenis film yang memberikan penjelasan informasi dan pengetahuan terkait topik yang diulas secara detail dan rinci dalam film dengan pesan tertentu.

Contoh film dokumenter misalnya adalah Citizenfour, The Art of Killing, Blackfish, Sexy Killer, Leaving Neverland, dan lain-lain.

Biografi

Film biografi merupakan jenis film yang mengisahkan biografi dan perjalanan hidup tokoh atau sosok tertentu dalam sejarah, bisa berupa tokoh politik, tokoh hiburan, tokoh olahraga, tokoh ilmiah, dan sebagainya.

Contoh film biografi misalnya adalah Gandhi, Man on the Moon, Ray, The Theory of Everything, Nixon, Bohemian Rhapsody, dan lain-lain.

Musical

Film musical merupakan jenis film yang menghadirkan tema musikal. Dalam adegan film, akan diselingi adegan musik berupa nyayian dan tarian oleh karakter dalam filmnya sebagai pengiring plot cerita.

Contoh film musical misalnya adalah La La Land, Aladdin, High School Musical, The Greatest Showman, serta film-film Bollywood produksi India.

Animasi

Film animasi merupakan jenis film yang pembuatannya menggunakan teknik animasi. Film animasi bisa menggunakan teknik kartun 2 dimensi, teknik CGI atau animasi komputer, teknik stop motion, teknik anime atau animasi Jepang, dan sebagainya.

Contoh film animasi misalnya adalah The Lion King, Toy Story, Despicable Me, Wall-E, Up, Ice Age, Spirited Away, Monsters, Inc. dan lain-lain.

Nah itulah pembahasan mengenai jenis-jenis genre film beserta pengertian, karakteristik, dan contoh film di tiap-tiap genrenya. Sat ini beberapa genre film paling populer yang paling banyak dibuat adalah drama, action, romance, comedy, horor dan crime. Sekian penjelasan macam-macam genre film dan contohnya.

10 komentar untuk “18+ Macam-Macam Genre Film Beserta Pengertian dan Contohnya”

  1. Drama : kalo kedua tokoh tidak menampilkan kisah percintaan
    Romance / romantis : bila tokoh menggambarkan kisah percintaan
    Thriller : kalo habis berhubungan diam diam lansung di bacok bisa juga di buntuti untuk di bunuh

    Bisa juga subgenre menggabungkan semua unsur di atas

    1. Semua film emng gitu campur genrenya gak ada film yang punya satu genrr pasti campur namun yang di ambil genrenya cuman garis besar ceritanya aja. Misal film Resident Evil termasuk horror, scifi, action dll. Karena film ini nyeritain tentang manusia melawan zombi garis besarnya yaitu action/laga. Gitu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *