8+ Macam-Macam Perubahan Sosial Beserta Ciri-Ciri dan Contohnya

Macam-macam perubahan sosial – Perubahan sosial merupakan sebuah proses berubahnya tatanan atau struktur dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosialnya, meliputi pola pikir, sikap hingga kehidupan sosial. Terdapat beberapa bentuk-bentuk perubahan sosial yang didasarkan pada beberapa kriteria, seperti waktunya, sudut pandang masyarakat, pengaruhnya, dan arah perkembangannya.

Manusia akan terus berubah dari zaman ke zaman sesuai kodratnya sebagai makhluk sosial. Apalagi didorong dengan beberapa faktor seperti perkembangan teknologi dan pengaruh globalisasi sehingga terjadinya perubahan sosial menjadi tidak terhindarkan. Faktor pendorong perubahan sosial lain didasarkan pada sikap masyarakat yang kian terbuka serta kondisi masyarakat yang heterogen.

Ciri-ciri perubahan sosial adalah adanya keberlanjutan dan bersikap imitatif, serta adanya hubungan kausalitas, yakni karena karena aspek material atau immaterial dengan hubungan timbal balik. Contoh perubahan sosial pun terjadi dalam kehidupan sehari-hari dalam lingkungan masyarakat, mungkin kita sendiri yang sering melakukannya.

Ada beberapa bentuk-bentuk perubahan sosial berdasarkan beberapa kriteria tertentu. Misalnya menurut waktunya, ada perubahan sosial lambat (evolusi) dan perubahan sosial cepat (revolusi). Terminologi ini pun sering kita jumpai dalam berbagai bidang. Selain itu juga ada klasifikasi jenis-jenis perubahan sosial yang lainnya.

(baca juga contoh kontak sosial)

macam-macam perubahan sosial

Macam-Macam Perubahan Sosial

Berikut ini merupakan beberapa klasifikasi bentuk-bentuk perubahan sosial beserta pengertian, ciri-ciri, dan contohnya lengkap, yang didasarkan pada waktunya, sudut pandang masyarakat, pengaruhnya, dan arah perkembangannya.

Berdasarkan waktunya

  • Perubahan sosial lambat (evolusi), yakni jenis perubahan sosial yang membutuhkan waktu lambat untuk bisa terjadi.
  • Perubahan sosial cepat (revolusi), yakni jenis perubahan sosial yang membutuhkan waktu cepat untuk bisa terjadi.

Berdasarkan sudut pandang masyarakat

  • Perubahan sosial yang dikehendaki, yaitu jenis perubahan sosial yang dilakukan atas dasar perencanaan matang dari pihak yang menginginkan perubahan.
  • Perubahan sosial yang tidak dikehendaki, yaitu jenis perubahan sosial yang ada di luar jangkauan masyarakat dan tidak direncanakan sebelumnya.

Berdasarkan pengaruhnya

  • Perubahan sosial besar, yakni perubahan sosial yang menyangkut masyarakat secara luas dan membawa pengaruh yang berarti bagi kehidupan sosial.
  • Perubahan sosial kecil, yakni perubahan sosial yang tidak menyangkut seluruh unsur masyarakat dan tidak mengubah lembaga sosial yang ada di lingkungan sosial.

Berdasarkan arah perkembangannya

  • Perubahan sosial progress, yakni perubahan sosial yang menuju ke arah kemajuan, sehingga memberikan keuntungan bagi kehidupan masyarakat.
  • Perubahan sosial regress, yakni perubahan sosial yang menuju ke arah kemunduran, sehingga dapat merugikan kehidupan masyarakat. 

Demikian informasi artikel mengenai 8 macam-macam perubahan sosial beserta ciri-ciri dan contohnya lengkap berdasarkan waktu, sudut pandang masyarakat, pengaruh, dan arah perkembangannya. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.