Pengertian Dekomposer (Pengurai) | Definisi, Jenis-Jenis, dan Contohnya

Pengertian dekomposer – Dekomposer atau pengurai merupakan organisme yang memakan organisme mati dan produk-produk limbah dari organisme lain. Dekomposer membantu siklus nutrisi kembali ke ekosistem lainnya. Terdapat beberapa organisme yang berperan sebagai dekomposer pada pola rantai makanan di dalam ekosistem tertentu.

Bisa dibilang peran dekomposer sangat penting dalam keseimbangan ekosistem alam. Pengurai atau dekomposer akan selalu ada di tiap jenis-jenis ekosistem yang ada, baik di padang rumput, di hutan, di gurun, di kutub, hingga di lautan sekalipun.

(baca juga tujuan klasifikasi makhluk hidup)

pengertian dekomposer

Pengertian Dekomposer

Berikut ini akan dijelaskan lebih detail mengenai apa itu definisi dan pengertian dekomposer secara umum beserta contoh organisme yang termasuk dalam kelompok dekomposer atau pengurai.

Arti Dekomposer Menurut KBBI

Pengertian dekomposer menurut KBBI adalah beberapa jenis organisme (seperti beberapa macam bakteri dan jamur) yang memecah kembali menjadi unsur atau zat organik dalam rangka daur ekologi dengan hidup dari atau merusak protoplasma yang mati.

Definisi Dekomposer Secara Umum

Sementara pengertian dekomposer secara umum adalah makhluk hidup atau organisme yang memperoleh energi dengan cara menguraikan sisa-sisa makhluk hidup lain yang telah mati. Dalam pola rantai makanan, juga terdapat produsen dan konsumen,

Produsen merupakan organisme yang menghasilkan makanan sendiri sedangkan konsumen adalah organisme yang memakan organisme lain. Sementara dekomposer yang berperan menguraikan organisme-organisme tersebut jika sudah mati.

Peran dekomposer memang penting dalam keberlangsungan ekosistem di darat dan di laut. Organisme yang sudah mati selanjutnya akan langsung diuraikan oleh dekomposer untuk kemudian dikembalikan ke tanah menjadi unsur hara atau zat anorganik yang penting untuk pertumbuhan.

Penguraian organisme oleh dekomposer akan menghasilkan gas karbondioksida yang sangat bermanfaat dalam proses fotositesis tumbuhan. Dekomposer juga membuat tanah memiliki banyak tambahan senyawa organik. Zat-zat seperti karbon, air dan nitrogen dikembalikan ke ekosistem melalui aktivitas pengurai.

Jenis-Jenis Dekomposer

Secara umum yang termasuk jenis-jenis dekomposer diklasifikasikan menjadi 4 kelompok antara lain yaitu:

  • Mikroba, misalnya seperti bakteri dan jamur.
  • Makrofauna, misalnya seperti protozoa.
  • Meiofauna, misalnya seperti kumbang.
  • Makrofauna, misalnya seperti cacing tanah.

Demikianlah pembahasan mengenai pengertian dekomposer beserta definisi, jenis-jenis, dan contoh dekomposer selengkapnya. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.