Pengertian Gelombang Beserta Definisi, Sifat-Sifat dan Contohnya

Pengertian gelombang – Gelombang adalah getaran yang merambat. Sedangkan getaran adalah gerak bolak-balik secara teratur melalui titik kesetimbangan. Dalam ilmu fisika, gelombang dipelajari sebagai suatu objek penting, baik jenis-jenis gelombang maupun sifat-sifat gelombang yang memiliki fungsi dan manfaat bagi kemajuan ilmu pengetahuan secara umum.

Memang sulit menentukan definisi gelombang secara universal. Hal ini karena penggunaan gelombang pada berbagai bidang. Dalam ilmu fisika, gelombang merujuk pada getaran yang merambat. Terdapat beberapa jenis-jenis gelombang, yang paling umum gelombang dibedakan menjadi dua yaitu gelombang tranversal dan gelombang longitudinal.

(baca juga macam-macam sumber daya alam)

pengertian gelombang

Pengertian Gelombang

Berikut akan dijelaskan apa itu pengertian dan definisi gelombang secara umum serta menurut pendapat para ahli.

Arti Gelombang Secara KBBI

Pengertian gelombang menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki banyak definisi, tergantung penggunaan kalimatnya. Berikut makna dan arti gelombang menurut situs resmi KBBI.

  • Ombak besar yang bergulung-gulung (di laut)
  • Aliran getaran suara yang bergerak dalam eter (radio)
  • Kelompok atau golongan yang bergerak maju beruntun-runtun
  • Gerakan yang beruntun-runtun

Definisi Gelombang Secara Umum

Pengertian gelombang dalam ilmu fisika adalah getaran yang merambat. Gelombang bisa merambat melalui medium tertentu atau bisa juga tanpa medium melalui ruang hampa. Gelombang juga bisa didefinisikan sebagai energi getaran yang merambat tanpa memindahkan materi perantaranya.

Ketika merambat, sebuah gelombang memindahkan energi dari satu tempat ke tempat lainnya tanpa memindahkan medium yang telah dilaluinya. Terdapat banyak contoh gelombang, sebut saja seperti gelombang bunyi, gelombang cahaya, dan sebagainya. Gelombang juga memiliki beberapa jenis dan macam-macam.

Berdasarkan arah rambatannya, jenis-jenis gelombang dibagi menjadi dua, yakni gelombang tranversal dan gelombang longitudinal. Gelombang tranversal memiliki arah rambatan yang tegak lurus arah getarannya. Sementara gelombang longitudinal memiliki arah rambatan yang sejajar dengan arah getarannya.

Adapun macam-macam gelombang menurut mediumnya dibagi menjadi dua, yaitu gelombang mekanik dan gelombang elektromagnetik. Gelombang mekanik memerlukan medium untuk dapat merambat. Sedangkan gelombang elektromagnetik tidak membutuhkan medium untuk bisa merambat.

Sifat-Sifat Gelombang

Gelombang juga memiliki sejumlah sifat dan karakteristik tertentu. Terdapat 7 sifat-sifat gelombang di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Gelombang mengalami pemantulan (refleksi)
  • Gelombang mengalami pembiasan (refraksi)
  • Gelombang mengalami penggabungang (interefensi)
  • Gelombang mengalami lenturan (difraksi)
  • Gelombang mengalami penyebaran bentuk (dispresi)
  • Gelombang mengalami penyerapan sebagian arah getar (polarisasi)

Demikian informasi artikel mengenai pengertian gelombang beserta definisi, jenis-jenis dan sifat-sifat gelombang menurut para ahli. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.