Pengertian Processor Beserta Cara Kerja dan Macam-Macamnya [Lengkap]

Pengertian processor dan macam-macamnya – Bagaimana komputer kita bisa bekerja? Terdapat salah satu hardware paling penting dalam komputer, yakni processor atau prosesor. Letak processor ada di motherboard. Fungsi prosesor sangat penting sebagai otak komputer dalam pengoperasian segala fungsi dalam komputer.

Prosesor komputer memegang peranan penting terkait kinerja komputer kita, baik dari segi hardware atau software yang akan dijalankan. Processor juga disebut sebagai mikroprosesor. Bagian-bagian prosesor terdiri dari ALU (aritmatics logical unit), CU (control unit), dan MU (memory unit).

(baca juga fungsi sistem operasi)

pengertian processor

Pengertian Processor

Pengertian prosesor secara umum adalah perangkat keras komputer yang bertugas memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Fungsi processor diibaratkan sebagai otak dari komputer atau perangkat sejenis, sehingga kualitas prosesor sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer secara keseluruhan.

Dalam sistem kerja komputer, prosesor melakukan manajemen arus data sehingga tidak terjadi stack data dalam proses operasinya. Proses yang dilakukan processor sangat cepata dan kompleks, serta membutuhkan tempat penyimpanan sementara pada RAM (random access memory).

Processor bekerja untuk melakukan perhitungan serta menjalankan perintah-perintah yang diperintahkan oleh pengguna komputer itu sendiri. Semakin tinggi kecepatan processor, maka semakin tinggi dan cepat pula kinerja suatu komputer yang kita gunakan.

Letak processor terdapat di motherboard, dimana prosesor harus disesuaikan dengan jenis soketnya yang pas. Hal ini dikarenakan ada banyak jenis-jenis prosesor yang berbeda-beda bentuknya, sehingga harus dicocokkan dengan jenis motherboard yang sesuai. Kondisi ini penting jika kita ingin membeli motherboard baru pada komputer.

Macam-Macam Processor Komputer

Ada beberapa jenis-jenis prosesor komputer yang banyak digunakan di seluruh dunia, tergantung pada perusahaan pemroduksinya. Berikut beberapa macam-macam contoh prosesor komputer yang paling populer.

1. Intel

Intel merupakan salah satu jenis processor yang banyak digunakan. Bahkan Intel dianggap mampu mendominasi bisnis processor di dunia komputer. Intel adalah perusahaan multinasional yang didirikan pada tahun 1968, berpusat di Amerika Serikat. Hingga kini processor produksi Intel terus mengalami perkembangan.

2. AMD

AMD (Advanced Micro Processor) adalah perusahaan multinasional yang berbasis di California. Prosesor komputer yang diproduksi AMD pun memiliki kualitas tinggi dan menjadi kompetitor utama dari Intel Corporation.

3. IBM

International Business Machines Corporation (IBM), merupakan salah satu perusahaan terbesar di Amerika Serikat. Perusahaan ini bergerak di bidang teknologi dan elektronik, salah satu produknya adalah processor yang cukup banyak digunakan.

4. Cyrix

Nama Cyrix memang tidak sepopuler Intel atau AMD dalam dunia komputer. Namun processor produksi Cyrix pun cukup memiliki kualitas yang bagus. Perushaan ini sendiri didirikan pada tahun 1988 di Texas, Amerika Serikat.

5. Transmeta

Jenis processor lain adalah processor produksi Transmeta. Perusahaan Transmeta sendiri merupakan perusahaan asal California, Amerika Serikat yang bergerak di bidang teknologi dan turut memproduksi mikroprocessor.

Nah demikian pembahasan mengenai pengertian dan definisi processor beserta fungsi, cara kerja, bagian-bagian dan jenis-jenis processor yang banyak digunakan pengguna komputer di seluruh dunia.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.