Pengertian Sistem Operasi Beserta Contoh Penjelasannya (OS Komputer)

Apa itu sistem operasi? Pengertian sistem operasi secara singkat adalah software lapisan pertama yang ada pada memori komputer. Sistem operasi harus selalu ada di tiap komputer dan laptop agar bisa digunakan. Dalam bahasa Inggris, sistem operasi disebut sebagai operation system (OS).

Untuk menjalankan program di komputer atau laptop, tentu dibutuhkan sistem operasi terlebih dahulu. Macam-macam sistem operasi yang banyak digunakan di komputer misalnya adalah Windows, Linux, Mac, dan sebagainya. Sementara di ponsel smartphone, biasa menggunakan OS Android atau iOS.

Nah di bawah ini akan dijelaskan apa itu definisi sistem operasi beserta jenis-jenis sistem operasi yang populer.

pengertian sistem operasi

Pengertian Sistem Operasi

Pengertian sistem operasi adalah perangkat lunak sistem yang mengatur sumber daya dari perangkat keras dan perangkat lunak, serta sebagai jurik (daemon) untuk program komputer. Tanpa sistem operasi, pengguna tidak dapat menjalankan program aplikasi pada komputer mereka, kecuali program booting.

So, sistem operasi dapat diartikan sebagai software yang bertugas untuk melakukan kontrol dan manajemen perangkat keras dan juga operasi-operasi dasar sistem, termasuk menjalankan software aplikasi seperti program-program pengolah data yang bisa digunakan untuk mempermudah kegiatan manusia. 

Sistem operasi pada komputer memiliki sistem penjadwalan yang sistematis, di antaranya digunakan untuk menghitung penggunaan memori, melakukan pemrosesan data, melakukan penyimpanan data dan sumber daya lainnya.

Fungsi-fungsi sistem operasi antara lain mengatur kinerja perangkat lunak dan keras, menjalankan sistem dasar, sebagai interface atau tampilan muka, mengatur kerja perangkat komputer, serta menjalankan program dan aplikasi.

Sistem operasi juga memungkinkan agar sumber daya pada komputer digunakan secara efisien. Komputer pun menjadi lebih mudah digunakan, ditambah sejumlah fitur-fitur lain, tergantung jenis sistem operasi yang kita gunakan.

Jenis-Jenis Sistem Operasi

Ada beberapa macam-macam sistem operasi yang populer dan banyak digunakan pengguna komputer, antara lain adalah :

1. Windows

Windows merupakan OS yang dirilis oleh Microsoft. Versi Windows ada banyak, mulai dari Windows XP, Windows 7, Windows 8 hingga yang terbaru Windows 10 yang pertama rilis tahun 2015. Windows jadi OS paling populer di dunia saat ini.

2. Linux

Linux merupakan sistem operasi turunan dari sistem operasi Unix. Keunggulan Linux adalah bersifat open-source, yang berarti bisa digunakan oleh siapa saja secara cuma-cuma tanpa biaya.

3. Mac

Mac OS merupakan sistem operasi khusus untuk komputer keluaran Apple saja, yakni Mac atau Macintosh. Versi OS Mac terbaru adalah Mac OS X 10.14 yang pertama kali rilis tahun 2018 lalu.

Nah itulah penjelasan mengenai pengertian sistem operasi beserta macam-macam OS yang populer, seperti Windows, Linux, dan Mac OS.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.