Pengertian Sosial | Definisi, Cakupan, Unsur-Unsur, dan Contohnya

Pengertian sosial – Sosial merupakan kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari, namun sulit bagi kita untuk mengartikannya dan mencari definisinya yang universal. Secara umum definisi sosial diartikan sebagai hal yang berkaitan dengan masyarakat. Pada dasarnya sosial juga menjadi cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dalam masyarakat.

Manusia disebut sebagai makhluk sosial karena tidak bisa hidup sendiri dan membutuhkan orang lain. Dari situ kita mungkin bisa sedikit tahu mengenai makna sosial, karena berkaitan dengan interaksi antar manusia dalam lingkungan masyarakat. Para ahli sosial pun memiliki makna dan definisi yang berbeda dalam mengartikan kata sosial.

pengertian sosial

Pengertian Sosial

Berikut akan dijelaskan apa itu pengertian dan definisi sosial secara umum serta menurut pendapat para ahli.

Definisi Sosial Secara Umum

Pengertian sosial menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan masyarakat. Definisi sosial memang bisa diartikan secara luaas. Secara umum, definisi sosial bisa diartikan sebagai sesuatu yang ada pada masyarakat atau sikap kemasyarakatan secara umum.

Ilmu sosial pun dipelajari sebagai salah satu cabang ilmu pengetahuan, selain ilmu alam. Jika didefinisikan, ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari mengenai tingkah laku manusia dan masyarakat dalam berinteraksi satu sama lain.

Pengertian Sosial Menurut Para Ahli

Menurut Philip Wexler

Pengertian sosial menurut Philip Wexler didefinisikan sebagai sebuah sifat dasar dari setiap individu manusia.

Menurut Lewis

Arti sosial menurut Lewis merupakan sesuatu yang dapat dicapai, dihasilkan serta ditetapkan dalam proses interaksi sehari-hari antara warga suatu negara dengan pemerintahannya.

Menurut Enda M.C.

Definisi sosial menurut Enda M.C. merupakan suatu cara tentang bagaimana para individu saling berhubungan satu sama lain.

Menurut Ruth Aylett

Makna kata sosial menurut Ruth Aylett adalah sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap inheren dan terintegrasi.

Menurut Keith Jacobs

Menurut Keith Jacobs, definisi sosial adalah sesuatu yang dibangun serta terjadi dalam sebuah situs komunitas.

Menurut Peter Herman

Pengertian sosial menurut Peter Herman merupakan sesuatu yang dipahami sebagai sebuah perbedaan namun tetap merupakan sebagai satu kesatuan.

Menurut Engine Fahri I.

Arti sosial merupakan sebuah inti dari bagaimana para individu berhubungan walaupun masih tetap ada perdebatan tentang pola berhubungan bagi para individu tersebut.

Menurut Paul Ernest

Definisi sosial menurut Paul Ernest adalah sejumlah manusia secara individu yang terlibat dalam berbagai kegiatan bersama.

Menurut Lena Dominelli

Menurut Lena Dominelli, pengertian sosial adalah bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan sebuah pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh di dalamnya.

Unsur-Unsur Sosial

Menurut teori Soerjono Soekanto, terdapat 6 unsur-unsur sosial dalam masyarakat, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Kelompok sosial, yakni kumpulan manusia yang saling berinteraksi yang memiliki kesadaran bersama dalam keanggotaannya.
  2. Kebudayaan, yakni ide dan gagasan dalam pikiran manusia yang mempengaruhi tingkat pengetahuan masyarakat.
  3. Lembaga sosial, yakni lembaga yang mengatur tata cara dan interaksi manusia dalam lingkungan masyarakat.
  4. Stratifikasi sosial, yakni pembedaan atau pengelompokan para anggota masyarakat secara vertikal atau secara bertingkat.
  5. Kekuasaan, yakni kemampuan mengendalikan tingkah laku orang lain.
  6. Kewenangan, yakni hak untuk melakukan sesuatu atau memerintah orang lain agar tercapai tujuan tertentu.

Cakupan Sosial

Menurut Sudarno, terdapat dua cakupan sosial antara lain adalah interaksi sosial dan hubungan sosial.

  1. Interaksi sosial, merupakan hubungan interaksi lembaga sosial, individu, dalam tatanan hubungan yang dapat dikendalikan oleh kepentingan tertentu. Bisa juga didefinisikan sebagai hubungan timbal balik antar individu dengan individu, individu dengan kelompok atau antar kelompok dengan kelompok.
  2. Hubungan sosial, merupakan hubungan antar lembaga, individu dengan lembaga yang bersifat umum yang mendasar bagi masyarakat.

Demikian informasi artikel mengenai pengertian sosial beserta definisi, cakupan, dan unsur-unsur sosial menurut para ahli. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.