7+ Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup Beserta Manfaat dan Penjelasannya

Tujuan klasifikasi makhluk hidup – Klasifikasi makhluk hidup adalah cara memilah dan mengelompokkan makhluk hidup menjadi golongan atau unit tertentu. Pengelompokkan makhluk hidup dilakukan berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-ciri tiap spesiesnya. Sistem klasifikasi makhluk hidup pun memiliki tujuan dan manfaat, serta memudahkan kita dalam mempelajari makhluk hidup.

Urutan klasifikasi makhluk hidup dari tingkat tertinggi ke terendah yang sekarang digunakan, dimulai dari domain (daerah), kingdom (kerajaan), filum (hewan) atau divisio (tumbuhan), classis (kelas), ordo (bangsa), familia (suku), genus (marga), dan yang terendah adalah spesies (jenis).

Klasifikasi makhluk hidup modern berakar pada sistem yang dibuat Carolus Linnaeus, yang mengelompokkan spesies menurut kesamaan sifat fisik yang dimiliki. Pengelompokan ini dibuat berdasarkan asas sifat umum yang diturunkan dari Darwin.Klasifikasi makhluk hidup didasarkan pada persamaan dan perbedaan ciri yang dimiliki makhluk hidup.

Tujuan klasifikasi makhluk hidup secara umum adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Sementara manfaat klasifikasi makhluk hidup adalah memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang sangat beraneka ragam dan mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup satu dengan yang lain.

(baca juga pengertian makhluk hidup)

tujuan klasifikasi makhluk hidup

Tujuan Klasifikasi Makhluk Hidup

Tujuan utama klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mempermudah mengenali, membandingkan, dan mempelajari makhluk hidup. Berikut merupakan tujuan-tujuan mempelajari klasifikasi makhluk hidup lainnya.

Mempermudah Mengenali Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup bertujuan untuk mempermudah mengenali makhluk hidup. Dengan adanya sistem klasifikasi makhluk hidup, kita lebih mengenal aneka ragam spesies makhluk hidup yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya. Kita pun bisa mengetahui nama-nama ilmiah tiap spesies makhluk hidup.

Mengelompokkan Makhluk Hidup Berdasarkan Persamannnya

Tujuan klasifikasi makhluk hidup adalah untuk mengelompokkan tiap-tiap makhluk hidup berdasarkan persamaan yang dimiliki. Ciri-ciri makhluk hidup juga memiliki peran penting untuk proses pengelompokkan tiap-tiap spesies makhluk hidup, sehingga lebih memudahkan sistem klasifikasinya.

Mengetahui Perbedaan dan Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Tujuan klasifikasi makhluk hidup juga membantu membandingkan makhluk hidup, sehingga kita mengetahui persamaan dan perbedaan tiap makhluk hidup. Hal ini dilandasi pada ciri-ciri tiap makhluk hidup dan karakteristiknya yang beranekaragam antar satu spesies dengan yang lain.

Memberi Nama Ilmiah Makhluk Hidup

Tiap spesies makhluk hidup memiliki nama ilmiah tersendiri yang telah disepakati. Klasifikasi makhluk hidup juga bertujuan untuk memberikan nama ilmiah pada tiap spesies yang sudah ada atau yang baru diketahui dan ditemukan oleh ilmuwan.

Mengetahui Hubungan Kekerabatan Antar Makhluk Hidup

Adanya klasifikasi makhluk hidup juga membuat kita jadi tahu hubungan kekerabatan antar makhluk hidup. Antara spesies satu dengan yang lain kadang masih memiliki hubungan genus atau marga yang sama. Adanya sistem klasifikasi makhluk hidup membuat kita jadi lebih paham.

Mengetahui Evolusi Makhluk Hidup

Klasifikasi makhluk hidup juga bisa bertujuan agar kita mengetahui evolusi makhluk hidup. Hal ini bisa dilihat dari hubungan kekerabatannya, sehingga kita bisa mengetahui proses evolusi makhluk hidup dari dulu sampai sekarang.

Menjadi Bahan Studi Pembelajaran

Klasifikasi makhluk hidup bisa digunakan sebagai bahan studi dalam pembelajaran. Mempelajari makhluk hidup menjadi salah satu cabang ilmu pengetahuan yang dibutuhkan. Adapun ilmu yang khusus mempelajari tentang klasifikasi makhluk hidup disebut sebagai taksonomi.

Manfaat Klasifikasi Makhluk Hidup

Berikut merupakan beberapa manfaat yang diperoleh dalam mempelajari klasifikasi makhluk hidup.

  • Memudahkan dalam mempelajari makhluk hidup yang beranekaragam.
  • Mempermudah mengetahui ciri-ciri tiap makhluk hidup.
  • Mengetahui persamaan dan perbedaan antar makhluk hidup.
  • Mengetahui hubungan kekerabatan antar makhluk hidup.
  • Membantu dalam identifikasi khusus dari organisme tertentu.

Demikian informasi artikel mengenai tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk hidup beserta penjelasan lengkapnya. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.