12+ Jenis-Jenis Limbah Beserta Ciri-Ciri, Contoh, dan Penjelasannya

Jenis-jenis limbah – Limbah adalah sisa-sisa proses produksi yang tidak tidak berharga atau tidak bernilai. Limbah dihasilkan dari kegiatan produksi dari industri atau rumah tangga. Dampak limbah sangat buruk dan bisa menyebabkan pencemaran lingkungan sehingga pengolahan limbah harus diperhatikan. Terdapat macam-macam limbah yang bervariasi sehingga bentuk pengolahan pun juga berbeda-beda.

Definisi limbah secara umum diartikan sebagai hasil buangan yang dihasilkan dari aktivitas-aktivitas produksi, baik itu domestik ataupun non-domestik. Kegiatan domestik meliputi kegiatan rumah tangga, pasar, sekolah, dan tempat umum lainnya. Sementara kegiatan non-domestik antara lain meliputi pabrik, perusahaan, industri, transportasi, pertanian, pertambangan, dan lain sebagainya.

Tentunya limbah memiliki dampak negatif yang dapat mencemari lingkungan. Misalnya saja asap pabrik bisa membuat polusi udara. Contoh lain cairan kimia sisa industri bisa menyebabkan pencemaran air dimana sungai-sungai menjadi tercemar. Limbah rumah tangga seperti sisa deterjen atau sayuran busuk juga bisa menyebabkan rusaknya lingkungan.

Faktanya terdapat beberapa jenis-jenis limbah yang bervariasi. Pembagian limbah yang paling umum didasarkan pada senyawanya, yakni limbah organik dan anorganik. Saat ini sudah banyak tempat sampah yang memisahkan sampah atau limbah organik dan anorganik. Selain itu juga ada macam-macam limbah lainnya yang dibagi menurut wujudnya, menurut sifatnya serta menurut sumbernya.

(baca juga perbedaan limbah organik dan anorganik)

jenis-jenis limbah

Macam-Macam Limbah

Di bawah ini akan dibagikan apa saja jenis-jenis limbah beserta contoh dan ciri-cirinya berdasarkanya senyawa, wujud, sumber, dan sifatnya.

Jenis-Jenis Limbah Berdasarkan Senyawanya

Berdasarkan senyawanya, terdapat 2 (dua) macam-macam limbah yakni limbah organik dan limbah anorganik.

  • Limbah organik, merupakan jenis limbah yang mengandung senyawa karbon yang berasal dari unsur-unsur makhluk hidup, contohnya seperti kotoran hewan, buah-buahan yang busuk, daun yang berjatuhan, dan sebagainya.
  • Limbah anorganik, merupakan jenis limbah yang kandungannya berupa senyawa anorganik yang tidak memiliki kandungan hidrokarbon sehingga sulit diuraikan, contohnya seperti botol plastik, pecahan kaca, besi berkarat, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Limbah Berdasarkan Wujudnya

Berdasarkan wujudnya, terdapat 4 (tiga) macam-macam limbah yakni limbah padat, limbah cair, limbah gas, dan limbah suara.

  • Limbah padat, merupakan jenis limbah yang berbentuk zat padat dan biasanya bersifat kering, contohnya seperti botol minuman, sampah plastik, serpihan kertas, pecahan kaca, dan sebagainya.
  • Limbah cair, merupakan jenis limbah yang berbentuk zat cair, umumnya berasal dari kegiatan produksi dan bercampur dengan kandungan lain dalam cairan, contohnya seperti sisa detergen, cairan buangan industri, air sabun, dan sebagainya.
  • Limbah gas, merupakan jenis limbah yang berbentuk zat gas yang mempengaruhi kualitas udara, contohnya seperti gas karbon dioksida, gas karbon monoksida, asap pembakaran hutan, dan sebagainya.
  • Limbah suara, merupakan jenis limbah yang berupa gelombang bunyi yang menganggu dan menyebar melalui udara, contohnya seperti kebisingan kendaraan bermotor, suara mesin produksi yang keras, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Limbah Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, terdapat 2 (dua) macam-macam limbah yakni limbah biasa dan limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun).

  • Limbah biasa, merupakan jenis limbah yang tidak menimbulkan kerusakan lingkungan secara signifikan, contohnya seperti sampah kertas, jerami padi, buah busuk, dan sebagainya.
  • Limbah B3 (bahan berbahaya dan beracun), merupakan jenis limbah yang dapat menimbulkan kerusakan lingkungan secara signifikan, ciri-cirinya antara lain bisa meledak, mudah terbakar atau mengandung zat beracun, contohnya seperti gas karbon monoksida, pestisida, amoniak, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Limbah Berdasarkan Sumbernya

Berdasarkan sumbernya, terdapat 4 (empat) macam-macam limbah yakni limbah domestik, limbah industri, limbah pertanian, dan limbah pertambangan.

  • Limbah domestik, merupakan jenis limbah yang berasal dari sisa-sisa kegiatan rumah tangga, sekolah, pasar dan tempat-tempat umum, contohnya seperti botol plastik, sisa makanan, air deterjen, dan sebagainya.
  • Limbah industri, merupakan jenis limbah yang berasal dari kegiatan industri dan produksi, contohnya seperti logam buangan, cairan sisa industri, asap pabrik, dan sebagainya.
  • Limbah pertanian, merupakan jenis limbah yang berasal dari kegiatan pertanian di sawah, contohnya seperti jerami padi, pupuk pestisida, bangkai hama, dan sebagainya.
  • Limbah pertambangan, merupakan jenis limbah yang berasal dari kegiatan pertambangan, contohnya seperti logam, batu-batuan, senyawa sulfat, sisa mineral, dan sebagainya.

Demikian informasi artikel mengenai jenis-jenis limbah beserta pengertian, macam-macam, ciri-ciri, contoh, dan penjelasannya lengkap. Semoga bisa menambah wawasan para pembaca.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.