Laptop vs Notebook: Apa Perbedaannya dan Mana yang Lebih Bagus?

Laptop vs notebook – Bingung ingin membeli laptop atau notebook untuk menunjang kerjaan kita? Secara umum laptop dan notebook memang hampir sama, tapi tentu ada perbedaan laptop dengan notebook yang cukup penting dan bisa jadi bahan pertimbangan bagi yang bingung ingin membeli yang mana.

Di bawah ini akan disajikan ulasan mengenai apa saja perbedaan laptop dan notebook secara umum, untuk kemudian diambil kesimpulan manakah yang lebih bagus dan cocok, laptop vs notebook?

(baca juga fungsi sistem operasi)

laptop vs notebook

Perbedaan Laptop dengan Notebook

Ada beberapa perbedaan laptop dan notebook yang cukup mendasar, antara lain dilihat dari segi ukuran layar, berat, keyboard, DVD ROM, prosesor, daya tahan baterai, RAM, VGA, dan tentu saja harganya.

1. Ukuran Layar

Salah satu perbedaan laptop dengan komputer yang utama adalah dari ukuran layarnya. Laptop memiliki dimensi ukuran layar sebesar 18 inci, sementara ukuran layar notebook umumnya lebih kecil dibandingkan laptop, kira-kira mulai 13 inci sampai 18 inci.

2. Berat

Selain ukuran layar, berat laptop dan notebook juga berbeda. Laptop memiliki berat sekitar 3 kg sampai 5 kg. Sementara berat notebook masih lebih ringan dibandingkan laptop, kira-kira sekitar 1 kg sampai 2 kg saja.

3. DVD ROM

Keberadaan DVD ROM juga menjadi perbedaan laptop dan notebook. Umumnya laptop memiliki perangkat DVD ROM internal untuk membaca kepingan kaset. Sementara notebook tidak memiliki perangkat DVD ROM, meski hal ini bisa diatasi dengan membeli perangkat DVD ROM eksternal.

4. Keyboard

Dengan ukuran laptop yang lebih besar secara keseluruhan, maka keyboard pada laptop juga memiliki ukuran lebih besar sehingga lebih mudah untuk mengetik. Hal ini berbeda pada notebook dengan ukuran notebook yang lebih kecil, sehingga mungkin agak kesulitan untuk mengetik.

5. Prosesor

Prosesor pada laptop dan notebook juga berbeda. Pada laptop, prosesor yang digunakan umumnya lebih baik dan berkualitas. Sementara pada notebook, fungsi prosesor yang digunakan adalah prosesor low-end sehingga jika melakukan aktivitas berat maka kinerjanya tidak akan maksimal.

6. Daya Tahan Baterai

Pada laptop, daya tahan baterai cenderung tidak bertahan lama, karena penggunaan aktivitasnya yang membutuhkan banyak daya. Sementara pada notebook, penggunaan baterai memiliki durasi waktu yang relatif lebih lama.

7. RAM

Perbedaan notebook dengan laptop juga dapat dilihat pada RAM. Kapasitas RAM pada laptop umumnya lebih besar dibandingkan dengan kapasitas RAM pada notebook, meski belakangan kapasitas RAM diupgrade lebih besar lagi.

8. VGA

Pada laptop umumnya VGA memiliki kapasitas lebih bagus untuk mendukung kinerja tampilannya. Sementara pada notebook, kapasitas VGA cenderung lebih kecil, meski terus diperbaiki dari waktu ke waktu.

9. Harga

Dengan ukuran lebih besar dan spesifikasi lebih lengkap, tentu harga laptop cenderung lebih mahal, dibandingkan dengan harga notebook yang fitur-fiturnya tidak selengkap laptop. Harga jelas jadi pertimbangan penting untuk membeli perangkat baru.

Laptop vs Notebook, Mana Lebih Bagus?

Kembali lagi ke pertanyaan awal, mana yang lebih bagus, laptop atau notebook? Jika dilihat dari fitur dan spesifikasinya, jelas laptop memiliki kualitas yang lebih bagus. Laptop memiliki ukuran lebih besar, dengan kapasitas RAM, hard disk, dan VGA lebih besar dibandingkan notebook, ditambah performa prosesor yang lebih bagus.

Tentunya harga juga harus dipertimbangkan, karena notebook bisa dibeli dengan harga yang lebih murah. Meski begitu juga banyak tersedia laptop-laptop murah dengan spesifikasi menengah, di kisaran 4 sampai 5 jutaan. So, membeli laptop mungkin jadi pilihan yang lebih bijak asal sesuai dengan budget yang ada.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.